Membangun bisnis bagi wirausaha adalah satu hal, namun menjaga agar bisnis terus tumbuh dan berkembang adalah hal lain yang tidak kalah penting. Dalam skala bisnis apa pun, mengikuti perkembangan pasar yang dinamis harus dituangkan dalam beberapa strategi teknis. Salah satu perkembangan pasar yang tidak bisa dihindari adalah tantangan wirausaha di era digital. Teknologi komunikasi, pemasaran produk, pelayanan pelanggan, bahkan operasional bisnis sudah bisa dilakukan melalui berbagai macam platform. Untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis, kenali beberapa peluang dan tantanan wirausaha di era digital berikut ini.

Era digital adalah waktu di mana informasi lebih cepat tersebar dan diterima melalui teknologi digital yaitu teknologi dengan sistem komputerisasi yang terhubung dengan internet. Ketika digunakan untuk melaksanakan operasional bisnis, teknologi digital masuk ke sektor yang sangat luas. Salah satu sektor yang paling umum ditemui adalah pemasaran digital. Wirausaha dalam skala besar maupun kecil pasti menggunakan strategi pemasaran digital untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Di bawah ini detail peluang dan tantangan wirausaha di era digital.

Peluang Wirausaha di Era Digital

1. Aksesibilitas dan Skalanya

Jaringan internet dan kemudahan mengakses perangkat pintar membuat pelaku usaha memiliki akses yang lebih luas terhadap audiens calon pelanggan dan pelanggan setia. Jarak geografis bukan lagi menjadi batasan untuk menawarkan produk, promo, dan berbagai bentuk pelayanan lain. Skalanya pun tidak main-main, pelaku bisnis mampu menjangkau dan mengembangkan bisnisnya ke luar wilayah lebih cepat dan efisien.

2. Pasar yang Luas

Berkaitan pula dengan skala, bisnis yang kecil sekalipun mampu melebarkan sayapnya dengan cara yang lebih efektif. Menguasai pasar yang ada atau menciptakan pasar baru tidak lagi menjadi hal mustahil untuk dilakukan.

3. Pemanfaatan Data dan Analisis

Era digital juga memungkinkan pelaku bisnis mengumpulkan data pasar untuk kemudian dianalisis. Inovasi dan solusi bisnis yang ditentukan berdasarkan analisis data terbaru akan lebih terukur dan akurat, serta dapat dipertanggungjawabkan secara profesional. Termasuk dalam menentukan pelayanan pelanggan yang baru dan lebih spesifik menjawab masalah pelanggan.

4. Fleksibel

Dunia digital juga membuka peluang untuk memulai dan menjalankan bisnis dengan model dan manajemen yang lebih fleksibel. Termasuk dalam menawarkan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Misalnya dalam hal pengiriman produk, transaksi pembayaran, mengakses kritik dan saran, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Jejaring dan Kolaborasi

Wirausaha tidak hanya mudah menjangkau pelanggan saja, tapi juga menjangkau pihak luar untuk bekerja sama dan melakukan kolaborasi. Termasuk dalam mendapat rekan bisnis dari luar negeri, media komunikasi digital akan sangat membantu menghubungkan kalian.

Photo by Mikael Blomkvist: https://www.pexels.com/photo/business-plan-schedule-written-on-the-notebook-6476808/

Tantangan Wirausaha di Era Digital

Dengan peluang yang terbuka semakin lebar, tantangan wirausaha di era digital juga ikut berkembang. Memahami tantangan di dunia digital akan membantu mempersiapkan solusi sebelum tantangan berubah menjadi hambatan bisnis.

1. Ancaman Keamanan Siber

Tantangan pertama datang dari proses pengelolaan data pelanggan dan data bisnis. Saat ini banyak infrastruktur digital yang sangat diandalkan dalam menyimpan dan mengelola data penting dan rahasia. Sayangnya, semakin banyak orang yang tidak bertanggung jawab dan berusaha mengakses data tersebut. Semakin banyak ragam serangan siber yang muncul seperti penipuan, pembobolan data, perusakan sistem, peretasan, dan lain sebagainya.

2. Hambatan Teknis Penggunaan Teknologi

Jika dilihat dari segi teknis operasional bisnis, pelaku usaha di era digital harus siap dengan berubahnya teknologi, baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Sehingga anggota tim bisnis harus cepat beradaptasi dengan teknologi terbaru. Saat ini saja, pelaku bisnis harus mampu memanfaatkan perkembangan AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan bisnis.

3. Mampu Unggul dan Menonjol di Pasar

Pasar yang luas dan beragam memang bagus, tapi kemungkinan suatu bisnis terlihat sama dengan bisnis yang lain juga semakin tinggi. Hal ini membuat munculnya kejenuhan pasar yang kompetitif dan tantangan untuk menonjolkan identitas bisnis yang unik di antara bisnis yang lain. Mendatangkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama menjadi sebuah tantangan lain yang perlu diperhatikan strateginya.

4. Kebijakan Digital dan Data

Berkaitan dengan tantangan yang pertama, perusahaan dan bisnis perlu terus menyesuaikan manajemen data pelanggan dengan kebijakan berstandar nasional maupun internasional. Mematuhi peraturan perlindungan data akan membuat pelaku bisnis melakukan inovasi dengan tetap memiliki etika bisnis untuk melindungi privasi.

5. Kesenjangan Literasi Digital

Meskipun teknologi digital bergerak maju dengan cepat, pemerataannya masih menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha terutama di Indonesia. Kesenjangan literasi digital membuat tidak semua orang memahami cara memanfaatkan media digital. Sehingga pelaku usaha perlu membentuk strategi untuk menjembatani kesenjangan yang ada.

Tetap Aktif Kembangkan Usaha Bersama Enervon Active

Dengan memahami tantangan wirausaha di era digital tersebut, tentu pelaku bisnis akan semakin siap menghadapinya. Selain memanfaatkan peluang yang ada, pelaku bisnis juga perlu proaktif mengikuti tren dan pasar yang terus berubah. Menjalankan bisnis adalah pekerjaan setiap hari bahkan setiap waktu bagi wirausaha.

Untuk mendukung aktivitas padat setiap hari, Enervon Active hadir sebagai suplemen penambah stamina. Kandungan multivitamin dan mineralnya yang lengkap mampu memastikan kecukupan nutrisi harian, mendukung pengelolaan energi, serta menguatkan imun tubuh. Bahan yang digunakan juga bersifat non-acidic sehingga aman bagi lambung meski dikonsumsi setiap hari. Dapatkan produknya dari toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

1.  Think With Niche. 2024. Entrepreneurship in the Digital Era: Navigating Challenges and Seizing Opportunities. Diakses dari https://www.thinkwithniche.com/blogs/details/entrepreneurship-in-the-digital-era-navigating-challenges-and-seizing-opportunities

2.  Craig Goodliffe. 2023. Overcoming Obstacles Entrepreneurs Face In The Digital Age. Diakses dari https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2023/09/18/overcoming-obstacles-entrepreneurs-face-in-the-digital-age/ 

Featured Image - Photo by Mikhail Nilov: https://www.pexels.com/photo/people-using-computers-at-work-7988079/