Asam lambung adalah salah satu gangguan pencernaan yang bisa kambuh jika penderitanya tidak memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi. Gejala yang paling umum dirasakan saat asam lambung naik adalah nyeri ulu hati, maag, kembung, sensasi terbakar di tenggorokan, sulit menelan makanan, mual, dan lain-lain. Karena sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, asam lambung harus dicegah sebaik mungkin agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan lain yang lebih serius. Ikuti daftar makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

Sebelum masuk dalam daftar makanan yang bisa memicu asam lambung naik, pahami dahulu beberapa hal terkait aktivitas makan yang bisa memengaruhi asam lambung. Pertama, posisi tubuh saat makan dan setelahnya harus tegak. Kedua, hindari porsi makan besar agar lambung tidak membesar dan mencegah sfingter untuk menutup secara penuh. Kondisi ini bisa membuat isi perut termasuk asam lambung naik ke kerongkongan. Ketiga, jangan makan 3-4 jam sebelum tidur. Keempat, hindari melakukan olahraga berat 1-2 jam setelah makan. Terakhir tentu saja dengan memperhatikan tipe makanan sehari-hari. Hindari beberapa makanan di bawah ini agar asam lambung dapat terkontrol dengan baik.

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

1. Makanan Tinggi Lemak dan Minyak

Secara umum makanan dengan kandungan lemak yang tinggi melonggarkan atau menurunkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah sehingga kemungkinan asam lambung naik semakin tinggi. Selain itu, jenis makanan berlemak dan berminyak menghambat proses pengosongan lambung. Beberapa contoh makanan tinggi lemak dan berminyak adalah gorengan, kentang goreng, keju, es krim, mentega, dan lain-lain.

2. Makanan Pedas

Kandungan capsaicin pada makanan pedas dapat mengiritasi esofagus dan memicu asam lambung. Penelitian pada tahun 2017 menunjukkan bahwa makanan pedas menjadi penyebab lebih dari setengah kasus asam lambung yang tercatat. Meski toleransi pedas kamu tinggi, sebaiknya dibatasi konsumsinya.

3. Buah Asam dan Bawang-bawangan

Meskipun buah dan sayuran baik bagi penderita asam lambung, sebaiknya hindari jenis buah dan sayur yang terlalu asam. Di antaranya adalah nanas, berbagai jenis jeruk yang sangat asam seperti jeruk nipis dan lemon, tomat, serta bawang-bawangan.

4. Beberapa Jenis Minuman

Sifat minuman yang bisa memicu asam lambung adalah bersoda, asam, kafein, hingga mengandung alkohol. Sebagian orang memiliki toleransi yang cukup baik pada beberapa jenis minuman tersebut. Jika ada jenis minuman yang tidak membuat asam lambung naik, mungkin kamu hanya perlu membatasi jumlahnya.

5. Makanan yang Diolah Berlebihan

Beberapa produk protein hewani yang melalui proses pengolahan berlebih juga mengandung lemak jenuh yang tinggi dan memicu asam lambung. Termasuk daging merah yang diolah sederhana sekali pun. Deretan contoh untuk jenis makanan ini adalah sosis, kornet, perut babi, daging domba, dan lain-lain.

6. Makanan Glikemik Tinggi

Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah jenis makanan karbohidrat yang mempercepat kenaikan gula darah. Kondisi ini bisa memicu asam lambung naik. Contoh makanan yang termasuk dalam glikemik tinggi adalah roti, nasi putih, keripik kentang, soda, dan lain sebagainya.

Image by Lifestylememory on Freepik

Jenis Makanan yang Disarankan

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak makanan di atas yang sebenarnya memiliki nutrisi yang bermanfaat besar bagi tubuh. Tenang saja, ada banyak sekali alternatif pengganti yang aman bagi penderita asam lambung sekaligus memiliki kandungan yang hampir sama. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa beberapa jenis makanan di bawah ini mampu menurunkan risiko asam lambung kambuh.

1. Sayur Mayur dan Buah-buahan

Dari keluarga sayuran yang aman dikonsumsi penderita asam lambung adalah brokoli, kembang kol, asparagus, timun, kacang polong, kale, kentang rebus, bayam, hingga kubis brussel. Selain menjadi sumber serat, sayuran ini juga rendah lemak dan gula.

Sedangkan dari keluarga buah, kamu akan mendapat asupan vitamin C, serat, potassium, dan magnesium. Buah-buahan yang disarankan adalah pisang, apel, melon, dan pir.

2. Protein Rendah Lemak Jenuh

Untuk memenuhi asupan protein, pilihlah makanan yang mengandung lemak jenuh rendah. Beberapa contohnya adalah kacang-kacangan, kedelai, ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, dan lain sebagainya. Untuk mengoptimalkan kandungan alaminya serta menurunkan risiko asam lambung, upayakan untuk memasaknya dengan teknik merebus, membakar, hingga memanggang.

3. Jenis Minyak yang Diperbolehkan

Karena minyak sulit digantikan dalam pola makan sehari-hari, kamu bisa mengganti jenis minyaknya. Beberapa jenis minyak yang masih aman dikonsumsi adalah minyak zaitun, minyak wijen, canola oil, minyak bunga matahari, dan lain lain. Bahkan selai kacang juga mengandung minyak yang baik bagi asam lambung.

4. Biji-bijian

Kamu bisa mengonsumsi oatmeal, nasi merah, atau roti dengan gandum utuh untuk menggantikan sumber karbohidrat. Beberapa jenis biji-bijian tersebut juga mengandung serat yang tinggi dengan indeks glikemik rendah.

Lengkapi Nutrisi Harian dengan Dukungan Suplemen

Karena beberapa jenis makanan perlu dihindari, penderita asam lambung mungkin perlu dukungan suplemen untuk melengkapi nutrisi harian. Pola makan bergizi seimbang tetap bisa didapatkan tanpa harus mengorbankan fungsi sistem pencernaan.

Namun tentu saja kamu perlu memilih jenis suplemen yang tidak memiliki beberapa sifat makanan yang menjadi pantangan di atas. Produk yang banyak direkomendasikan adalah Enervon  Active, multivitamin dan mineral lengkap dalam satu tablet saja. Kabar baiknya adalah suplemen ini menggunakan bahan non-acidic sehingga aman dikonsumsi oleh orang dengan lambung yang sensitif. Kamu juga hanya perlu minum 1 tablet per hari setelah makan. Mudah, bukan? Dapatkan produknya dari toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  • Robin Madell. 2023. What Foods Should You Avoid with Acid Reflux (Heartburn)?. Diakses dari https://www.healthline.com/health/gerd/foods-to-avoid
  • Jenette Restivo. 2023. GERD diet: Foods to avoid to reduce acid reflux. Diakses dari https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/gerd-diet-foods-to-avoid-to-reduce-acid-reflux
  • Zia Sherrell. 2023. Foods to eat, and foods to avoid with GERD and acid reflux. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/314690 

Featured Image - Image by Freepik