Kamu tentu sudah memahami bahwa negara Indonesia adalah negara kepulauan dengan segala keindahan alam dan budayanya. Salah satu bagian kepulauan yang mulai banyak diincar wisatawan adalah Kepulauan Bangka Belitung. Terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki 470 pulau kecil lain yang juga telah bernama. Dikelilingi oleh laut dan selat, wisata Bangka Belitung menjadi primadona destinasi domestik yang wajib dijelajahi. Jika kamu ingin menghabiskan waktu liburan di sana, berikut ini adalah daftar wisata Bangka Belitung yang harus dikunjungi.

Destinasi Wisata Bangka Belitung Keren dan Harus Dijelajahi

1. Pantai Tanjung Kelayang

Destinasi pertama di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tanjung Kelayang. Selain udara yang segar, pantai berpasir putih ini juga menawarkan pemandangan perairan hijau kebiruan yang cantik. Batuan granit berukuran besar juga menjadi daya tarik unik yang sayang dilewatkan. Sebagai salah satu pulau berpenghuni, kamu juga bisa berinteraksi dengan warga Desa Nelayan Tanjung Binga. Keren sekali, bukan?

2. Pulau Lengkuas Belitung

Terletak di utara Pantai Tanjung Kelayang, kamu harus mengunjungi Pulau Lengkuas Belitung. Dengan jarak yang dekat, kamu bisa mengunjungi pulau kecil ini dalam kegiatan island hopping bersama pulau-pulau cantik lain di sekitarnya. Daya tarik unik dari Pulau Lengkuas adalah mercusuar tua yang masih berfungsi memandu kapal di area Pulau Belitung. Selain mercusuar bersejarah, kamu juga akan menikmati indahnya perpaduan pasir putih, batuan granit, dan perairan laut yang jernih. Beberapa aktivitas seru di sini adalah menyelam, mengelilingi pulau (20-30 menit), bertemu penyu hijau jika beruntung, dan lain-lain.

3. Danau Kaolin

Objek wisata Bangka Belitung berikutnya yaitu Danau Kaolin yang juga disebut sebagai Danau Biru. Berada di Pulau Bangka, destinasi ini menawarkan pemandangan air danau biru kehijauan akibat banyaknya mineral kaolin di dasar danau. Selain menyusuri area danau yang merupakan bekas tambang, kamu juga bisa menikmati kuliner khas Bangka di beberapa restoran yang ada lho. Sebaiknya datang di bulan April-Oktober untuk pemandangan optimal karena hujan jarang turun.

4. Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Satu lagi destinasi keren di Pulau Belitung yaitu Pantai Tanjung Tinggi, 31 km dari Pantai Tanjung Kelayang. Seperti ciri khas pantai di Bangka Belitung lainnya, tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan batuan granit besar berukuran ratusan meter kubik atau setara dengan besarnya rumah. Kamu juga bisa menginap di salah satu hotel di sana jika ingin menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam.

5. Desa Wisata Laskar Pelangi

Laskar Pelangi (2005) adalah novel Andrea Hirata yang menceritakan mimpi 10 anak miskin dalam mengejar mimpi mereka di tengah keterbatasan. Menjadi salah satu novel Indonesia terlaris sepanjang sejarah, latar belakang dari kisah ini ada di Bangka Belitung. Sehingga Desa Wisata Lenggang dibuka untuk mengenang perjuangan anak-anak dan guru di Bangka Belitung. Selain mengunjungi replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, kamu juga bisa mempelajari dan membeli batik simpor sebagai salah satu produk khas Pulau Belitung.

6. Museum Kata Andrea Hirata

Masih dalam area yang sama, kamu juga harus mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata. Sebagai museum sastra pertama di Indonesia, kamu akan melihat perkembangan sastra di Indonesia dan pentingnya melestarikan sastra. Selain menikmati kenangan film Laskar Pelangi dan ratusan buku yang ada, kamu juga bisa memesan kopi di Warung Kopi Kuli.

7. Bangka Botanical Garden (BBG)

Selain wisata perairan kamu juga harus menjelajahi BBG, objek agrowisata seluas 300 hektar. Dengan konsep zero waste, BBG menawarkan wisata edukasi peternakan, perkebunan, dan perikanan. Selain memancing dan belajar beternak, kamu juga bisa ikut memberi makan kuda dan mencicipi buah naga dan kurma dari kebunnya langsung. Jangan lupa juga untuk menikmati kudapan di kafe yang disediakan ya.

Tips Sehat Menjelajahi Bangka Belitung

Image by azerbaijan_stockers on Freepik (gambar ilustrasi)

Menjadi salah satu daerah beriklim tropis, Kepulauan Bangka Belitung memiliki bulan basah yang rata-rata lebih lama dibanding bulan kering setiap tahunnya. Bahkan dari data BPS pun curah hujan di Kepulauan Bangka Belitung tahun 2022 lebih tinggi dibanding daerah lain seperti Yogyakarta pada tahun yang sama. Untuk itu, simak beberapa tips sehat menjelajahi wisata Bangka Belitung berikut.

1. Sesuaikan Barang Bawaan

Karena Bangka Belitung identik dengan wisata alam dan memang harus banyak menjelajahi alamnya yang keren, sesuaikan pakaian yang dikenakan selama liburan di sini. Selain pakaian dan alas kaki, penting juga membawa barang lain yang kerap diremehkan seperti payung, mantel hujan, jaket, syal, dan lain-lain. Jangan sampai suhu tubuhmu menurun drastis dalam banyak kesempatan jalan-jalan di alam ya. Kondisi ini bisa menurunkan fungsi daya tahan tubuh dan membuat seseorang rentan sakit.

2. Pastikan Asupan Air Minum Tercukupi

Untuk menjalani berbagai aktivitas fisik seru di Bangka Belitung pasti membutuhkan energi yang besar. Cukupi kebutuhan cairan tubuh agar kamu terhindar dari dehidrasi dan kemungkinan kelelahan berlebih. Membawa botol air minum pribadi sangat disarankan untuk memudahkan akses terhadap air minum.

3. Kemas Obat-obatan Pribadi dan Suplemen

Sebagai bentuk persiapan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan atau keluhan kesehatan ringan, lengkapi selalu obat-obatan pribadi dan suplemen. Beberapa contoh obat yang umumnya dibutuhkan adalah anti nyeri, krim otot, minyak aromaterapi, cairan antiseptik dan pembalut luka sederhana, obat maag, dan lain sebagainya sesuai kondisi kesehatan kamu. Suplemen juga penting untuk memastikan tubuh tetap mendapat asupan nutrisi yang lengkap dan berimbang.

4. Perhatikan Pola Makan dan Istirahat

Bicara soal memenuhi asupan nutrisi, upayakan untuk tetap memilih makanan yang sehat meskipun kamu melakukan wisata kuliner dengan menu khas Bangka Belitung. Jangan ragu menanyakan bahan makanan jika kamu memiliki alergi atau pantangan tertentu. Selain itu, perhatikan juga waktu tidur dan istirahat agar stamina dan kebugaran tetap terjaga.

Dukung Pemenuhan Nutrisi Harian Bersama Enervon-C Effervescent

Khusus untuk membahas rekomendasi suplemen yang cocok untuk dibawa selama liburan, Enervon adalah jawabannya. Dari sekian varian yang ada, Enervon-C Effervescent adalah suplemen yang dikonsumsi bersama air putih. Kamu tidak hanya memenuhi asupan nutrisi harian, tapi juga mendukung pemenuhan cairan tubuh. Dengan mengonsumsi satu tablet per hari, kamu akan mendapat berbagai mikronutrien penting bagi tubuh untuk melancarkan metabolisme, menambah stamina, hingga menguatkan sistem imun. Di antaranya adalah vitamin C, vitamin B kompleks, mineral niacinamide, dan kalsium pantotenat. Akses produk ini dan varian lain Enervon dengan kemasan travel sudah lebih mudah melalui toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Image by wirestock on Freepik (gambar ilustrasi)