Bandung merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Barat dengan penduduk terpadat kedua setelah Jakarta. Kota ini juga tercatat dalam berbagai sejarah penting yang pernah terjadi di Indonesia sehingga banyak sekali wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyak orang yang menjadikan Bandung sebagai destinasi untuk liburan singkat di akhir pekan. Jika kamu baru pertama kali berlibur ke Bandung, tidak ada salahnya untuk mencoba Bandung city tour.

Kegiatan city tour merupakan perjalanan wisata dengan mengunjungi objek-objek wisata di area perkotaan. Biasanya wisatawan akan diajak untuk mengunjungi tempat yang populer dan ikonik di kota tersebut, seperti landmark, monumen bersejarah, museum, taman, dan lain sebagainya. Kelebihan dari city tour yakni kamu bisa mengeksplor wisata-wisata terbaik di Bandung hanya dengan waktu singkat.

Rekomendasi Itinerari 3 Hari 2 Malam untuk Bandung City Tour

Sebelum memutuskan untuk Bandung city tour selama beberapa hari, kamu harus menyiapkan hotel untuk menginap selama 2 malam dan transportasi selama di Bandung. Ada banyak pilihan hotel dan transportasi yang tersedia, pilihlah sesuai preferensi dan budget liburan kamu. Setelah menyiapkan penginapan dan transportasi, saatnya menyusun itinerari 3 hari 2 malam untuk Bandung city tour.

Hari Pertama: Mengeksplor Jalan Braga

Jika kamu tiba pagi hari, kamu bisa menunggu jam check in hotel dengan berkunjung ke beberapa wisata di Jalan Braga. Jalan Braga sendiri merupakan ikon Kota Bandung yang punya nilai historis dan populer untuk semua kalangan. Daya tarik dari jalan sepanjang 900 meter ini yakni ada pada deretan bangunan peninggalan Belanda dengan gaya arsitektur art deco yang masih sangat terawat. Ada banyak spot foto yang unik dan menarik, jadi pastikan kamu tidak kehabisan pose ya.

Selain spot foto, ada juga berbagai macam kedai atau kafe yang menarik di Jalan Braga. Salah satu kedai kopi dengan interior vintage yang ikonik yakni Kopi Toko Djawa. Awalnya toko ini merupakan toko buku yang berdiri sejak 1955, lalu baru pada tahun 2017 diubah menjadi warung kopi. Kamu bisa mencicipi kopi sambil membaca buku atau sekadar menikmati suasana Bandung dari kafe ini.

Kamu juga bisa mengunjungi Grey Art Gallery yang berisi ratusan karya dari beberapa seniman terpilih. Jalan ini juga ramai dengan seniman-seniman lokal. Tidak jauh dari Jalan Braga, sekitar 7 menit jalan kaki kamu bisa mengunjungi Museum Konferensi Asia Afrika dengan ikon tiang bendera berjajar di depan gedungnya. Museum ini menyimpan berbagai koleksi foto saat konferensi internasional tersebut digelar di Indonesia. Setelah puas berjalan-jalan di daerah Jalan Braga, kamu bisa check in ke hotel dan beristirahat untuk mempersiapkan kegiatan Bandung city tour di hari kedua.

Hari Kedua: Menikmati Kesenian dan Budaya di Saung Angklung Udjo

Objek wisata yang satu ini merupakan destinasi wisata budaya yang tak kalah populer lho! Selain bisa berlibur, kamu juga bisa belajar dan menyaksikan budaya khas Sunda yang digelar dalam pertunjukkan Bambu Petang. Saung Angklung Udjo memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu, dan workshop untuk alat musik bambu. Ada juga beberapa penampilan pendek spektakuler seperti demonstrasi wayang golek, upacara helaran, seni tari tradisional, angklung pemula, angklung massal, dan aruma. Wisata ini juga cukup dekat dari pusat kota, hanya berjarak sekitar 20 menit dari Jalan Braga. Jadwal pertunjukkan hanya ada di akhir pekan pada siang dan sore hari. Jadi, pastikan kamu mengecek jadwal terbaru sebelum berangkat ke wisata yang satu ini.

Setelah dari Saung Angklung Udjo, kamu bisa menuju destinasi berikutnya yaitu ke Alun-alun Kota Bandung pada sore atau malam hari. Tempat ini sangat ikonik dengan rumput sintetis hijaunya dan cocok untuk duduk bersantai sambil menikmati kuliner di sekitarnya. Taman kota ini memang menjadi ruang publik favorit bagi banyak masyarakat atau wisatawan untuk sekadar bersantai atau menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Hari Ketiga: Membeli Oleh-Oleh Khas Bandung

Jika kamu ingin berbelanja atau mencari oleh oleh, jangan lupa untuk berkunjung ke Paris Van Java. Mal ini banyak dikunjungi oleh wisatawan luar kota karena letaknya yang strategis dan memiliki konsep open air yang menjadi daya tariknya. Bisa dibilang Paris Van Java bukanlah mal yang biasa kamu temui di tempat lain karena memiliki banyak area menarik yang bisa dikunjungi seperti Sunfest Festival, Gardenice, Boulder Trampoline Park, Peacock Park, hingga Taman Beta Aviary.

Kamu bisa membeli beberapa oleh-oleh khas Bandung yang sangat populer untuk teman atau keluarga, seperti bronis, batagor khas Bandung, tahu susu Lembang, dan masih banyak lagi. Setelah puas berbelanja, saatnya kembali ke hotel dan mempersiapkan barang-barang untuk check out.

Tips Sehat Berwisata

Image by tirachardz on Freepik (gambar ilustrasi)

Jika kamu ingin wisata terasa lebih mudah dan nyaman, kamu bisa menggunakan jasa pemandu wisata yang berpengalaman. Biasanya ada berbagai pilihan paket city tour yang mencakup semuanya mulai dari hotel, transportasi, hingga tiket masuk ke objek wisata. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan fisik agar liburan tetap menyenangkan dengan beberapa tips berikut.

1. Rencanakan Itinerari dengan Baik

Penting untuk merencanakan itinenary city tour dengan detail. Tentukan tempat-tempat yang ingin dikunjungi, buat daftar prioritas, dan sesuaikan dengan waktu yang tersedia. Perhatikan waktu kunjungan atau jam operasional setiap tempat wisata agar waktu liburan optimal.

2. Persiapkan Kebutuhan Selama Berlibur

Pastikan untuk mengetahui kondisi di tempat wisata karena itu akan memengaruhi jenis barang yang akan dibawa. Bandung biasanya memiliki cuaca yang cenderung dingin terutama mulai pertengahan hingga akhir tahun. Tetap siapkan jaket, pakaian yang nyaman, serta tabir surya untuk tetap berjaga-jaga di musim yang tidak menentu.

3. Membawa Obat-obatan dan Suplemen

Ketika bepergian, selalu siapkan obat-obatan untuk mengantisipasi hal tak terduga saat perjalanan berlibur. Tidak hanya sebagai bentuk pertolongan pertama, obat-obatan pribadi juga lebih mudah diakses dibanding mencari apotek selama perjalanan. Mengonsumsi suplemen juga termasuk salah satu tips yang disarankan untuk menjaga badan tetap prima saat melakukan Bandung City Tour.

Sebagai rekomendasi suplemen yang mudah dibawa selama jalan-jalan, Enervon-C Effervescent menjadi produk terpercaya di Indonesia. Kandungan multivitamin dan mineralnya yang tinggi mampu mendukung pemenuhan asupan nutrisi harian. Dengan terpenuhinya nutrisi penting, tubuh menjadi lebih mudah mengelola energi. Termasuk mampu menguatkan kekebalan tubuh meskipun kerap berpindah tempat wisata. Dapatkan produknya dengan mudah melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Image by freepik (gambar ilustrasi)