Liburan dengan mengunjungi berbagai tempat menarik memang menyenangkan. Namun tahukah kamu bahwa konsep liburan bisa menambah keseruannya jika sesuai dengan karakter atau keinginan kamu. Dari banyaknya konsep liburan yang mulai populer, open trip adalah salah satu yang patut dicoba. Bisa juga disebut perjalanan terbuka, konsep ini memungkinkan kamu mengunjungi berbagai destinasi keren sekaligus bertemu teman baru. Bahkan ada juga yang menemukan sahabat atau teman hidup dari model perjalanan ini. Ketahui lebih banyak soal konsep liburan ini dan tips memilih agen agar terhindar dari penipuan.

Open Trip VS Private Trip

Open trip atau sering juga disebut sebagai joint trip adalah aktivitas berwisata yang terbuka dan bebas diikuti oleh siapa pun sehingga antar-peserta umumnya tidak saling mengenal. Dengan model semi backpacker, setiap paket wisata biasanya akan diikuti oleh setidaknya 10 orang. Agen yang menyediakan layanan perjalanan terbuka ini akan mengumpulkan peserta untuk membicarakan pembagian biaya perjalanan. Karena rata-rata peserta perjalanan terbuka datang dari para backpacker, jadi total biaya perjalanan untuk setiap orang cenderung lebih murah karena bebannya akan dibagi rata.

Perbedaan utama antara open trip dan private trip tentu saja peserta dan pemilihan tempat wisatanya. Sesuai namanya, private trip adalah perjalanan wisata bersama orang terdekat dengan bantuan agen travel dalam mengorganisir seluruh kebutuhan perjalanan. Jika waktu dan destinasi perjalanan terbuka ditentukan dari penyedia layanan, maka perjalanan privat menyerahkan penuh pemilihannya kepada peserta. Agen travel biasanya akan membantu mengakomodasi tempat menginap, transportasi, hingga tempat makan sesuai destinasi pilihan. Karena itulah private trip cenderung lebih mahal dan peserta perlu mencari sendiri teman perjalanan agar sesuai dengan paket wisata yang ada.

Keuntungan Joint Trip yang Membuatnya Populer

Dari pengertian di atas, kamu tentu sudah sedikit memahami alasan joint trip banyak diminati. Selain biaya perjalanan yang lebih terjangkau, konsep berwisata yang satu ini juga menawarkan keuntungan lain yang menarik bagi sebagian orang. Berikut ini daftarnya.

  1. Perjalanan terbuka memungkinkan kamu bertemu orang-orang dengan minat dan ketertarikan yang sama. Kamu akan semakin bersemangat menjelajahi tempat wisata dan segala atraksinya karena ada teman yang akan membagikan tips, trik, hingga pengetahuan untuk mengoptimalkan pengalaman perjalanan.
  2. Dengan logika yang sama, agen atau penyedia perjalanan wisata juga akan memilihkan pemandu wisata yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Bahkan bukan tidak mungkin kalian akan mendapat kesempatan berdiskusi yang seru.
  3. Semua peserta perjalanan terbuka tidak perlu repot menyusun itinerari. Kamu bisa istirahat selama perjalanan dan segera setelah kembali ke penginapan tanpa memikirkan aktivitas dan transportasi untuk hari berikutnya. Hal ini karena pembagian waktu kunjung suatu destinasi telah diatur oleh penyedia perjalanan wisata.
  4. Untuk kamu yang suka mengenal orang baru, perjalanan terbuka memungkinkan kamu menemukan teman perjalanan yang seru. Bisa jadi kalian sepakat untuk mengulangi pengalaman mengunjungi destinasi lain dengan penyedia perjalanan yang berbeda.

Semakin banyak informasi yang diperoleh, maka pertimbanganmu juga akan semakin kuat untuk memilih perjalanan terbuka. Oleh karena itu, penting juga untuk mengetahui beberapa kelemahan dari konsep perjalanan ini. Secara singkat kelemahannya adalah kamu bisa saja mendapat teman perjalanan dengan karakter yang tidak cocok sehingga memengaruhi suasana hati selama liburan. Selain itu, kamu juga tidak bisa bebas mengunjungi tempat wisata jika tidak mendapat persetujuan peserta dan penyedia perjalanan wisata. Apabila kamu siap dengan kelemahan tersebut, maka open trip bisa menjadi pilihan terbaik menjelajahi tempat wisata.

Photo by Matheus Bertelli: https://www.pexels.com/photo/group-of-young-people-on-a-city-street-12446334/ 

Tips Memilih Agen Perjalanan Wisata Terpercaya

Salah satu tantangan dalam melakukan perjalanan terbuka adalah memilih agen atau penyedia perjalanan wisata yang terpercaya. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa konsep liburan ini tetap memiliki kemungkinan penipuan, baik dari penyedia jasa maupun dari peserta perjalanan lain. Ikuti beberapa tips memilih penyedia paket open trip di bawah ini.

  • Pastikan agen perjalanan wisata memiliki nomor atau izin usaha pariwisata yang terdaftar resmi di lembaga atau instansi legal setempat. Selain itu, lokasi kantor agen juga harus jelas dan beroperasi dengan sistem yang jelas pula.
  • Perhatikan kredibilitas agen dari testimoni pengguna jasa sebelumnya, baik melalui kolom komentar media sosial resmi maupun ulasan Google. Temukan testimoni, komentar, dan/atau deskripsi pengalaman yang terlihat akurat.
  • Agen yang terpercaya akan mengutamakan transaksi yang transparan, misalnya melalui rekening perusahaan bukan pribadi.
  • Penyedia perjalanan wisata yang baik juga akan memiliki tim pelayanan pelanggan atau pusat bantuan yang responsif.

Rekomendasi Destinasi Open Trip Terbaik

Perlu dipahami juga bahwa penyedia konsep liburan terbuka ini umumnya menawarkan destinasi populer atau tinggi peminat. Artinya, tidak semua destinasi wisata bisa dikunjungi dengan metode joint trip. Beberapa destinasi yang direkomendasikan untuk dijelajahi dengan joint trip adalah sebagai berikut: Gunung Krakatau, Gunung Bromo, Labuan Bajo, Nusa Penida, Raja Ampat, Pulau Komodo, Pulau Belitung, Derawan, Dieng, dan masih banyak lagi lainnya.

Dukung Imun Tubuh dengan Enervon-C Effervescent

Sama seperti konsep liburan lainnya, open trip juga harus dipersiapkan dengan baik. Apalagi karena kamu akan pergi jalan-jalan dengan orang baru, sebaiknya lengkapi barang bawaan agar tidak banyak merepotkan orang lain. Beberapa barang bawaan yang sering diremehkan namun penting adalah botol air minum pribadi, tabir surya, obat-obatan pribadi, sandal karet, payung, adaptor serba guna, hingga plastik ziplock.

Khusus untuk obat-obatan pribadi, bawalah jenis obat sesuai kondisi dan/atau riwayat kesehatan kamu. Jangan lupa juga untuk mengemas suplemen, tambahan makanan yang bisa mendukung pemenuhan asupan nutrisi harian. Tubuh yang tercukupi nutrisinya selama perjalanan akan mendukung optimalisasi sistem kekebalan tubuh. Satu produk yang direkomendasikan adalah Enervon-C Effervescent, suplemen multivitamin dan mineral yang mudah larut dalam air putih. Tidak hanya vitamin C, kamu juga akan mendapat asupan vitamin B kompleks, mineral niacinamide, dan kalsium pantotenat. Dapatkan produk ini dalam kemasan travel melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Photo by Raphael Loquellano: https://www.pexels.com/photo/tourists-with-a-tour-guide-17087507/