Labuan Bajo merupakan daerah yang juga disebut sebagai surga tersembunyi di bagian timur Indonesia. Desa ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat. Sebagai salah satu destinasi super prioritas, Labuan Bajo memiliki keanekaragaman hayati yang sangat memesona, adat istiadat, hingga keragaman budaya yang tersebar di seluruh pulau. Tidak heran jika Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah timur Indonesia. Mulai dari menikmati keindahan pantainya, menyaksikan hewan endemik Komodo, hingga menjelajahi deretan pulau eksotis. Ada banyak sekali daya tarik wisata Labuan Bajo yang sayang dilewatkan.

Destinasi wisata Labuan Bajo tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan, tetapi juga menumbuhkan ekonomi kreatif bagi warga setempat. Hal ini bertujuan untuk membuat Labuan Bajo semakin ramai dan berkembang sehingga keberadaanya tetap terjaga dan lestari. Jika kamu belum tahu tentang wisata Labuan Bajo, simak beberapa daya tarik dari Labuan Bajo yang membuat para wisatawan ingin berkunjung ke pulau ini.

Daya Tarik Wisata Labuan Bajo Terbaik

1. Berkunjung ke Habitat Utama Komodo di Pulau Komodo

Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo adalah satu entitas yang tidak dapat terpisahkan. Taman Nasional Komodo terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991 yang terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan beberapa pulau lain di sekitarnya. Pulau Komodo menjadi wisata Labuan Bajo yang paling populer karena menjadi habitat utama sekitar 1.300 ekor komodo. Panorama di pulau ini pun tidak kalah menakjubkan dan banyak spot-spot foto yang sangat cantik.

2. Berfoto dengan Komodo di Pulau Rinca

Selain Pulau Komodo, kamu bisa melihat keberadaan komodo yang berjumlah sekitar 1.400 ekor di Pulau Rinca. Ada dua daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Rinca, yakni melihat komodo dan mengunjungi Niang Komodo. Kamu bisa melihat secara langsung dan berfoto dengan komodo-komodo yang berada di pulau tersebut. Sedangkan Niang Komodo merupakan pusat informasi dengan konsep museum yang memungkinkan pengunjung mengetahui sejarah, perkembangan, dan habitat komodo.

3. Menikmati Panorama Labuan Bajo dari Atas Bukit di Pulau Padar

Pulau Padar merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo dan memiliki daya tarik yang tak kalah cantiknya. Jika kamu ingin melihat keindahan Labuan Bajo dari ketinggian, kamu bisa berkunjung ke Pulau Padar. Untuk mencapai puncak, kamu harus menaiki bukit yang berada di pulau ini untuk menikmati keindahan panorama Labuan Bajo dari 400 mdpl. Meskipun melelahkan, setelah sampai atas kamu akan disuguhkan pemandangan perbukitan hijau dengan latar belakang laut yang biru serta kapal-kapal yang lewat. Jika kamu datang saat pagi dan sore hari, sempatkan bersantai di atas sana ya.

Image by tawatchai07 on Freepik (gambar ilustrasi)

4. Perpaduan Indah Daratan dan Lautan di Gili Laba

Gili Laba atau Gili Lawa merupakan destinasi yang menawarkan perpaduan daratan dan lautan Labuan Bajo. Hampir sama dengan daya tarik Pulau Padar, di Gili Laba kamu bisa menyaksikan luasnya Laut Flores dari bukit-bukit hijau yang tampak seperti padang savana luas. Di tempat ini, kamu bisa menikmati sunrise dan sunset untuk mendapatkan pemandangan terbaik. Untuk mencapai puncak bukit, kamu harus trekking selama kurang lebih 40 menit agar dapat menikmati kerennya alam yang masih murni.

5. Menikmati Sunset di Pulau Kalong

Pulau Kalong menjadi rumah bagi ribuan satwa liar seperti monyet, burung, reptil, sekaligus menjadi habitat jutaan kelelawar raksasa atau yang lebih dikenal dengan nama kalong. Pulau yang tidak berpenghuni ini dikelilingi lautan yang jernih dan tidak tercemar dengan kegiatan manusia. Daya tarik utama dari pulai ini yakni ketika matahari terbenam dan waktu kelelawar keluar. Pemandangan akan berubah menjadi sangat indah dan dramatis ketika kelelawar berterbangan saat matahari berada di ufuk barat. Dijamin pengalaman menjelajahi wisata Labuan Bajo tidak akan terlupakan.

6. Pesona Pantai Unik di Pantai Pink

Pantai Pink merupakan pantai dengan pasir berwarna merah muda atau pink yang menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Warna merah muda tersebut merupakan pasir pantai yang bercampur dengan pecahan karang merah sehingga menciptakan warna yang indah. Keunikan tersebut dipadukan dengan warna laut biru serta perbukitan hijau yang mengeliling pantai, membuat pantai ini menjadi destinasi unggulan saat berada di Labuan Bajo. Pantai ini juga dikelilingi perbukitan hijau dan tebing bebatuan yang menambah keindahannya. Pantai ini tidak memiliki ombak besar sehingga cocok untuk bermain air, berenang, atau sekadar menikmati keindahan sekaligus ketenangan pantai dan sekitarnya.

7. Bermalam di Desa Wae Rebo

Daya tarik lain dari wisata Labuan Bajo yakni pesona budaya dari Desa Wae Rebo. Daya tarik desa ini ada pada 7 rumah khas berbentuk kerucut yang disebut sebagai Mbaru Niang yang artinya rumah tinggi dan bulat. Desa ini masih sangat asri dengan budaya serta adat istiadat turun temurun yang masih terjaga hingga kini. Di sana kamu akan disambut oleh penduduk asli yang ramah dan panorama desa yang dikelilingi perbukitan serta hutan hijau yang indah. Kamu bisa bermalam di desa ini untuk merasakan pengalaman unik yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan di tempat lainnya.

Tips Sehat Liburan di Labuan Bajo

Labuan Bajo memiliki topografi perbukitan hingga pegunungan sehingga memiliki banyak destinasi yang sangat indah. Hal itu membuat para wisatawan harus memiliki tubuh yang prima untuk dapat menikmati pesona alam Labuan Bajo dengan maksimal. Untuk itu, jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dengan mengikuti beberapa tips sehat berwisata berikut ini.

Gunakan Tabir Surya

Jangan lupa untuk menggunakan dan mengoleskan ulang tabir surya sebelum keluar ruangan dan 2 atau 3 jam sekali selama di bawah sinar matahari. Termasuk saat berwisata ke wilayah perbukitan maupun pantai. Kamu juga bisa menggunakan topi dan kacamata hitam untuk menambah perlindungan.

Gunakan Sepatu dan Pakaian yang Nyaman

Gunakanlah alas kaki khusus untuk aktivitas alam dan pakaian yang nyaman. Terlebih lagi saat sedang panas-panasnya, gunakanlah kaos kaki dan baju atau kaos dengan bahan yang menyerap keringat. Sedangkan saat musim penghujan, penting juga untuk membawa pakaian tambahan seperti syal atau jaket untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Siapkan Obat Pribadi dan Suplemen

Selain menyiapkan obat-obatan pribadi, kamu bisa menambah suplemen vitamin untuk membantu tubuh mendapatkan asupan nutrisi selama berlibur. Destinasi wisata Labuan Bajo bisa kamu nikmati dengan maksimal jika tubuh kamu dalam keadaan fit. Langkah ini bisa membantu memastikan kalian mendapat akses pertolongan pertama yang cepat terhadap keluhan kesehatan ringan. Beberapa jenis obat yang umumnya dibutuhkan adalah anti nyeri, krim otot, minyak aromaterapi, obat maag, dan lain sebagainya.

Menyambung tips sehat berlibur di atas, salah satu suplemen yang direkomendasikan untuk bepergian adalah Enervon C Tablet. Dengan kandungan multivitamin seperti vitamin C, B1, B2, B6, B12, mineral niacinamide, dan kalsium pantotenat, tambahan makan ini akan membantu menguatkan daya tahan tubuh serta mendukung pemenuhan nutrisi harian. Kemasan travel untuk varian ini bisa diakses melalui toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Image by vladimircech on Freepik