Glamping adalah aktivitas berkemah yang dilengkapi dengan fasilitas dan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan berkemah biasa pada umumnya. Istilah glamping sendiri merupakan gabungan dari kata “glamorous” dan “camping”. Suasana glamping sama-sama menawarkan pengalaman tidur atau bersantai ditemani dengan pemandangan alam langsung di depan mata. Hal yang membedakannya yakni fasilitas glamping yang biasanya lengkap dengan listrik, air, tempat tidur yang luas dan nyaman, hingga toilet. Dari deretan spot yang ada di Indonesia, glamping Bogor adalah salah satu yang banyak direkomendasikan.

Dengan fasilitas yang lebih baik tersebut, glamping bisa dinikmati di semua musim karena akomodasinya dibangun untuk bertahan dalam cuaca apa pun. Glamping semakin populer karena menjadi alternatif berlibur bagi orang yang ingin berkemah tanpa harus repot membawa dan/atau mendirikan tenda. Saat ini sudah ada banyak tempat wisata yang menyediakan paket glamping, mulai dari harga yang murah meriah sampai yang mahal. Untuk kamu yang ingin ‘berkemah mewah’ di Bogor, di bawah ini adalah rekomendasi spot glamping Bogor terbaik.

Rekomendasi Glamping Bogor Terbaik

Glamping biasanya berada di lokasi dataran tinggi dengan udara sejuk dan mudah diakses dengan kendaraan. Salah satu wilayah yang populer sebagai tempat glamping yaitu Bogor. Kondisi iklim Bogor yang cenderung sejuk dan alamnya yang masih hijau menjadikan wilayah ini sangat cocok dijadikan spot untuk glamping. Jika kamu tertarik untuk merasakan glamping, berikut 6 rekomendasi glamping terbaik di Bogor dengan pemandangan yang menakjubkan.

1. The Highland Park

Tempat glamping Bogor yang pertama terletak di dekat kaki Gunung Salak yang masih termasuk di wilayah Taman Nasional Halimun. Tempat ini menawarkan pengalaman glamping dengan tenda putih berdesain kerucut dan kubah unik bergaya Mongolia dan Apache. Selain menyajikan konsep perkemahan yang unik, tempat dengan luas mencapai 12 hektar ini juga menyajikan pemandangan khas pegunungan dengan udara yang masih sangat sejuk. Dari area glamping ini kamu dapat menikmati pemandangan ikonis dari Gunung Salak yang sangat indah.

2. Forrester Glamping Co.

Glamping Bogor terbaik selanjutnya yaitu Forrester Glamping Co yang terletak di kawasan Megamendung, Bogor. Berada di tengah-tengah persawahan dengan pemandangan Gunung Salak. Hal yang menarik dari spot ini, wisatawan yang menginap akan diantar jemput dengan mobil offroad. Kegiatan yang bisa kamu lakukan yakni menonton film layar lebar, menikmati barbeku dan api unggun, memancing, dan berkeliling kawasan camping. Selain itu, ada juga air terjun yang bisa kamu nikmati untuk bermain air bersama teman atau keluarga.

3. Leuweung Geledegan Ecolodge

Glamping Leuweung Geledegan Ecolodge berada di kawasan Tamansari, Bogor yang juga terletak di kaki Gunung Salak. Tempat ini menghadirkan konsep glamping ramah lingkungan dengan latar belakang hutan indah yang terletak di kaki Gunung Salak. Kamar glamping atau lodge-nya didesain minimalis modern dengan cat putih di area yang sangat asri dan sejuk. Selain fasilitasnya sudah lengkap, di sini terdapat area foto yang tematik, coffee shop, taman sungai yang tertata rapi, dan area bermain untuk anak-anak.

4. The Forest Cisarua

Glamping Bogor lain yang tak kalah populer yaitu The Forest Cisarua yang memiliki suasana bangunan klasik dengan nuansa nostalgia. Ada juga desain glamping yang berbentuk rumah bilik panggung dengan atap yang tinggi. Fasilitas yang tersedia pun sudah sangat lengkap seperti saung atau gazebo, pekarangan luas, kolam renang untuk anak-anak, dan masih banyak lagi. Kegiatan yang bisa kamu lakukan antara lain rafting, outbound, hingga ATV untuk berkeliling area sekitar.

5. Teras Bhumi Glamping

Teras Bhumi Glamping terletak di Cisarua, Bogor menawarkan pengalaman glamping yang cocok untuk keluarga. Teras Bhumi terkenal dengan konsep tenda dome serba putih. Fasilitas yang disediakan per unit dome sangat lengkap termasuk dapur untuk memasak. Salah satu daya tarik dari tempat ini yaitu lokasinya yang berada di tepi sungai dan pemandangan alam yang asri. Pada malam hari, kamu bisa menyalakan api unggun dan merasakan ketenangan di tengah alam terbuka pada malam hari.

6. Gunung Geulis Campsite

Berkemah mewah di Gunung Geulis bisa kamu jadikan pilihan karena menawarkan fasilitas seperti tenda halimun, pondok dempo, dan kerinci dengan fasilitas yang lengkap. Kamu bisa menikmati pemandangan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Halimun Salak. Selain pemandangan yang menakjubkan, di tempat ini kamu bisa melakukan trekking, bersepeda, berenang, arung jeram, paintball, dan api unggun. Harga untuk mendapatkan pengalaman glamping di tempat ini juga terbilang murah.

7. Puncak Langit Glamping

Seperti namanya, Puncak Langit Glamping terletak di atas ketinggian Puncak Megamendung Cisarua, Bogor. Dari sini kamu bisa menikmati panorama keindahan alam dari atas puncak. Ada banyak spot foto menarik, organ tunggal, dan area panahan yang bisa kamu jelajahi. Kamu juga bisa coba menjelajahi Curug Pengantelan yang lokasinya tidak jauh dari area glamping. Arena kemah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, mushola, dapur umum, dan akses listrik.

Image by frimufilms on Freepik (gambar ilustrasi)

Persiapan dan Tips Sehat Saat Glamping

Agar kegiatan glamping bisa berlangsung dengan menyenangkan, ada beberapa hal yang harus disiapkan saat berkegiatan di kawasan dataran tinggi selain melengkapi barang bawaan berkemah. Kamu bisa mengikuti tips berikut sebelum berangkat glamping:

1. Kenakan Pakaian Hangat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa biasanya area glamping berada di wilayah dataran tinggi. Itu artinya cuaca akan cenderung dingin jadi gunakanlah pakaian yang tebal atau jaket untuk membuat tubuh tetap hangat. Termasuk sepatu yang menutup kaki, kaos kaki, syal, dan tambahan lain sesuai kebutuhan.

2. Jagalah Tubuh agar Tidak Dehidrasi

Meski berada di wilayah yang sejuk, bukan berarti kamu boleh mengurangi asupan air ke dalam tubuh. Tubuh tetap membutuhkan asupan air mineral seperti biasanya. Jadi pastikan tubuh kamu untuk tetap terhidrasi, baik dengan air minum maupun dengan makanan berkuah.

3. Pastikan Kondisi Tubuh Prima

Mengunjungi kawasan dataran tinggi untuk glamping ketika tubuh sedang kurang sehat sama saja mengundang penyakit untuk diri sendiri. Selain beristirahat, pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi dan tidur atau istirahat dengan cukup. Penting juga untuk melatih tubuh sebelum berangkat dengan tetap rutin berolahraga.

Bila perlu, kamu juga direkomendasikan untuk menambah asupan makan dengan mengonsumsi suplemen. Selain melengkapi nutrisi harian, minum multivitamin juga bisa membantu menjaga performa daya tahan tubuh yang mungkin harus beradaptasi dengan perubahan cuaca yang drastis. Salah satu suplemen yang cocok untuk liburan adalah Enervon-C Tablet, tablet multivitamin dan mineral penting untuk tubuh. Selain vitamin C (500 mg), kamu juga akan mendapat asupan vitamin B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), B12 (0,005 mg), kalsium pantotenat (20 mg), dan niacinamide (50 mg). Dapatkan produknya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Image by nuraghies on freepik (gambar ilustrasi)