Sebagai negara kepulauan, keindahan dan kemurnian alam Indonesia tidak pernah membosankan untuk dinikmati. Jika kamu ingin mengarungi seluruh kekayaan alam menakjubkan di negeri ini, maka Kabupaten Berau tidak boleh dilewatkan. Salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur ini menawarkan daya tarik unik dan semakin populer di kalangan wisatawan domestik hingga mancanegara. Mulai dari keanekaragaman flora dan fauna, indahnya berbagai objek wisata alam bahari, hingga tempat-tempat bersejarah mengundang kamu untuk berlibur ke sana. Sebelum jalan-jalan, simak daftar tempat wisata Berau, informasi akses, hingga tips sehat selama menghabiskan waktu di Berau berikut ini.

Daya Tarik Wisata Berau dan Akses Menuju Berau

Sudah sempat disinggung di atas bahwa Kabupaten Berau memiliki daya tarik wisata alam dan sejarah yang sayang sekali dilewatkan. Destinasi ini menjadi semakin populer karena fasilitas dan sarana setiap lokasi wisata terus dilakukan perbaikan dan pengembangan. Mulai dari penginapan, atraksi wisata, hingga transportasi berbayar via darat dan air selama berkeliling di sana sudah tersedia dan dikelola oleh warga lokal. Termasuk jika kamu ingin menggunakan jasa agen perjalanan wisata, Berau juga menjadi salah satu destinasi populer.

Wisatawan yang datang menjadi semakin nyaman menikmati keunikan setiap objek wisata, terutama kemurnian alamnya. Apalagi ditambah dengan keberagaman kuliner khasnya seperti Udang Singgang yang patut dicicipi.

Faktor lain yang membuat Berau banyak diminati wisatawan adalah aksesnya yang mudah. Untuk kamu yang berada di luar kota atau luar Pulau Kalimantan, perjalanan udara dapat dipilih dengan tujuan Bandara Kalimarau Berau (BEJ). Kemudian dilanjutkan perjalanan darat dengan bus atau mobil dari Tanjung Redeb ke Tanjung Batu kurang lebih 1,5 jam. Dari Tanjung Batu, kamu bisa memulai penjelajahan bahari dan island hopping dari sini.

Apabila destinasi pertama ke Pulau Derawan, lanjutkan dengan transportasi air selama kurang lebih 30 menit perjalanan. Jika kamu tidak ingin transit, kamu bisa naik speedboat dari Tanjung Redeb ke Pelabuhan Wisata Sanggam di Pulau Derawan dengan perjalanan kurang lebih 2,5 jam.

Photo by Katie Cerami: https://www.pexels.com/photo/retreat-house-on-small-lush-island-11807186/ (gambar ilustrasi)

Daftar Destinasi Wisata Berau

Kabupaten Berau memang termasuk dalam Pulau Kalimantan, namun di sekitarnya terdapat banyak sekali pulau kecil dengan keunikannya masing-masing. Untuk itu, di bawah ini kami akan fokus memberikan rekomendasi tempat wisata alam di Berau.

1. Pulau Derawan

Sebagai destinasi paling populer, Pulau Derawan menawarkan indahnya kombinasi pantai pasir putih, air laut jernih kebiruan, hingga lingkungan yang masih sangat murni. Selain menikmati keindahan daratannya, kamu harus mencoba menyelam (snorkeling atau diving) di Taman Bawah Laut. Dari deretan biota laut yang tinggal di sana, hiu tutul dan penyu akan menjadi bintang utama jika kamu beruntung menemuinya.

2. Pulau Nabucco

Dengan luas wilayah yang lebih kecil, Pulau Nabucco cocok untuk kalian yang ingin liburan bersama pasangan. Dengan penginapan dan beberapa restoran atau warung kecil, kalian akan merasakan sensasi memiliki pulau pribadi di sini.

3. Pulau Kakaban

Bicara soal island hopping, maka Pulau Kakaban harus masuk dalam daftar penjelajahan. Dengan daya tarik murni berupa perairan bersih dan wilayah yang didominasi dengan danau, aktivitas penyelaman sangat direkomendasikan. Bahkan kamu bisa berenang bersama ribuan ubur-ubur yang tidak berbahaya di sini.

4. Danau Labuan Cermin

Satu lagi tempat wisata hits di Berau yaitu Danau Labuan Cermin yang memiliki air sejernih kaca. Kamu bisa menikmati pemandangan dasar danau dari atas perahu lho. Uniknya, perairan atas memang air tawar seperti danau pada umumnya. Namun perairan dasar merupakan air asin karena masih terhubung dengan lautan di sekitarnya. Hutan bakau yang mengelilinginya juga seru untuk dijelajahi.

5. Hutan Lindung Sungai Lesan

Jika kamu ingin merasakan kayanya hutan Indonesia dan beragam fauna yang tinggal di dalamnya, maka kamu harus mengunjungi Hutan Lindung Sungai Lesan. Dengan luas total 11 ribu hektar, kamu akan diajak mempelajari hutan yang menjadi rumah bagi ratusan spesies flora, burung, mamalia, hingga reptil. Kamu bisa minta ditemani oleh petugas dari Yayasan Operasi Wallacea Terpadu untuk informasi detail terkait habitat di sini.

6. Goa Mulut Besar

Selain wisata perairan dan hutan, kamu juga bisa menjelajahi gua di Berau. Salah satu yang paling populer adalah Goa Mulut Besar dengan lebar mulut sekitar 20 meter dan tinggi 10 meter. Dengan cahaya yang cukup, kamu bisa menjelajahi banyak area di dalamnya tanpa penerangan tambahan pada pagi atau siang hari.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Berau yang menakjubkan untuk dijelajahi. Beberapa destinasi yang belum sempat masuk dalam daftar di atas adalah Pantai Biduk-Biduk, Pulau Maratua, Pulau Kaniungan Besar dan Kecil, Air Terjun Pahlawan, Danau Telaga Biru, dan masih banyak lagi lainnya.

Tips Sehat Selama Berwisata

Karena kamu akan banyak sekali melakukan perjalanan dan penjelajahan luar ruangan, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh selama liburan di Berau. Secara umum, Berau memiliki cuaca cerah dan cenderung panas jadi lengkapi barang-barang berikut untuk mendukung stamina.

  • Tabir Surya – Oleskan setiap 2-3 jam sekali untuk melindungi kulit yang tidak tertutup pakaian dari sinar matahari langsung.
  • Botol Minum Pribadi – Pertahankan hidrasi tubuh dengan akses air minum yang mudah. Beberapa gejala dehidrasi yang umumnya muncul adalah kepala pusing, mudah lelah dan badan lemas, hingga bibir kering.
  • Pakaian dan Sepatu yang Nyaman – Selain memudahkan kamu menjelajahi berbagai macam medan di perjalanan, sepatu yang nyaman juga akan mencegah cedera kaki. Jangan lupa pilih baju yang mudah menyerap keringat ya.
  • Obat-obatan Pribadi – Beberapa jenis obat yang umumnya dibutuhkan adalah krim pegal, anti-nyeri, minyak aromaterapi, salep luka, dan lain sebagainya.
  • Suplemen – Dengan fungsi utama membantu mencukupi nutrisi harian, suplemen juga akan mendukung sistem imun.

Temani Setiap Perjalanan Seru dengan Enervon

Menyambung tips sebelumnya, Enervon menjadi salah satu produk suplemen dengan beberapa varian dan kandungan yang disesuaikan dengan usia konsumen. Selain vitamin C, kamu juga akan mendapat asupan vitamin B kompleks, kalsium pantotenat, dan niacinamide. Pilih varian yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

  • Enervon-C Tablet – Dengan kandungan 500 mg vitamin C, varian ini cocok untuk semua anggota keluarga.
  • Enervon-C Effervescent – Kandungan 1000 mg vitamin C di dalamnya mudah larut dalam air putih sehingga mudah dikombinasikan dengan air putih.
  • Enervon Active – Bahan non-acidic di dalamnya cocok untuk orang dewasa dengan aktivitas padat. Tidak hanya multivitamin, kamu juga akan mendapat asupan mineral zinc.
  • Enervon Gold – Varian khusus untuk lansia ini tidak hanya berisi multivitamin, tapi juga mengandung lutein, asam folat, dan minyak ikan tinggi omega 3.

Dapatkan produk Enervon di atas, termasuk kemasan travel-nya dari Tokopedia dan Shopee resmi.

Referensi:

  • https://dispar.kaltimprov.go.id/portfolio/kabupaten-berau/
  • https://kesbangpol.beraukab.go.id/profil
  • https://visitberau.id/destinations-list/
  • https://yayasan-owt.org/video/hutan-lindung-sungai-lesan-ekowisata-yang-mendunia/

Featured Image - Photo by Richard Segal: https://www.pexels.com/photo/person-takes-photo-of-tortoise-1645028/ (gambar ilustrasi)