Hari ini, Indonesia tengah merayakan hari kemerdekannya. Artinya, akan ada banyak sekali berbagai cara yang terkait dengan 17 Agustusan, seperti upacara bendea hingga berbagai perlombaan yang menjadi tradisi untuk memeriahkan perayaan yang satu ini.

Apakah kamu termasuk yang gembar mengikuti berbagai macam perlombaan di tanggal 17 Agustus? Tidak hanya menyenangkan, ternyata macam-macam lomba tersebut memiliki manfaat baik bagi kesehatan, lho.

Ketika suasana hati senang, maka pikiran pun menjadi sehat. Hal inilah yang menjadi salah satu cara jitu terhindar dari risiko penyakit berbahaya. Selain itu, masih ada manfaat lainnya dari perlombaan hari kemerdekaan.

Berikut ini ulasannya.

 

 

Melatih Otot bagian Bahu

Credit Image - ruparupa.com

Tarik tambang adalah perlombaan yang dimainkan oleh dua regu dan biasanya menjadi salah satu perlombaan wajib pada perayaan hari kemerdekaan. Masing-masing regu berusaha untuk menarik tambang sekuat tenaga agar melewati garis pembatas.

Gerakan dalam tarik tambang ternyata sangat bermanfaat untuk melatih otot bahu. Tidak hanya itu, melakukan olahraga tarik tambang juga berkhasiat untuk melatih otot tangan dan kaki. Satu hal yang harus diingat, peserta dilarang untuk memaksakan kekuatan otot ketika menarik tambang, karena jika terlalu memaksakannya, bisa saja otot bahu dan lengan terkilir.

 

Melatih Konsentrasi

Bergerak serentak dan beriringan adalah ciri khas dari permainan tradisional bakiak. Kegiatan ini sudah pasti juga menjadi salah satu permainan tradisional yang masuk ke dalam daftar perlombaan saat perayaan hari kemerdekaan.

Jika kamu cermati, ternyata ada manfaat yang baik saat melakukan permainan ini. Lomba bakiak bermanfaat untuk melatih konsentrasi otak dan menciptakan mood yang lebih baik. Otak harus fokus untuk dapat menerima instruksi dari anggota tim lain, dan secara bersama-sama menggerakan salah satu kaki.

Tentunya hal ini akan menjadi sulit jika kamu memiliki konsentrasi yang lemah. Permainan bakiak juga sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Karena selain menyenangkan, permainan ini dapat meningkatkan kekompakkan dalam jiwa mereka.

 

Membakar Kalori hingga Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Credit Image - arenalomba.com

Manfaat ini bisa diperoleh dari perlombaan balap karung.

Balap karung merupakan salah satu permainan yang sering dijumpai dalam perayaan kemerdekaan Indonesia. Permainan yang mewajibkan kamu untuk masuk ke dalam karung, dan melompat dari satu sisi ke sisi lain menggunakan karung ini ternyata juga memiliki banyak manfaat.

Balap karung sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah membakar kalori. Selain itu, balap karung juga sangat baik untuk melatih otot lengan, bahu, dada serta betis. Manfaat lain dari balap karung adalah membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh.

 

Ajang Bermain Sambil Olahraga untuk Anak

Untuk anak-anak, mengikuti lomba 17 Agustusan menjadi momen yang menyenangkan. Karena, selain membuatnya senang karena bermain, kegiatan ini juga dapat membantu melatih kebugaran tubuh anak. Pasalnya, perlombaan ini pasti melibatkan banyak gerakan fisik.

Berbagai jenis lomba agustusan seperti balap karung, tarik tambang, dan lainnya menjadikan anak aktif bergerak, sehingga diharapkan ke depannya anak akan lebih mudah untuk diajak berolahraga, dimulai dari lomba agustusan.

 

Terhindar dari Risiko Penyakit

Credit Image - ibupedia.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengikuti lomba agustusan akan membawa suasana kegembiraan hati dan membuat pikiran menjadi senang serta sehat. Hal ini yang akan membantu seseorang terhindar dari berbagai risiko, khususnya risiko penyakit mematikan, seperti jantung, kanker, dan sebagainya.

Selain itu, melaksanakan berbagai kegiatan yang bertemakan kemerdekaan seperti membuat lomba, mengibarkan bendera, bermain peran, menyaksikan film bertemakan pahlawan, dapat menyegarkan fisik dan pikiran anak yang lelah atau jenuh akibat rutinitas sehari-hari.

Mengikuti perlombaan 17 Agustus dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Tapi, pastikan kamu juga sudah menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan cairan, istirahat yang cukup, dan mengelola stress dengan baik.

Dan, yang tak boleh dilupakan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active yang memiliki kandungan vitamin lengkap. Multivitamin yang satu ini dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg yang bisa memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Untukmu kaum aktif dan produktif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamn B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Dan untuk anak-anak, direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Jadi, untuk memaksimalkan kesehatan, yuk, segera dapatkan produk Enervon andalan di official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Wah, mengikuti lomba hari kemerdekaan bisa mendatangkan berbagai manfaat baik bagi kesehatan, ya? Jika kamu berkesempatan mengikutinya, jangan dilewatkan!

 

 

Featured Image – beritatren.com

Source – lifestyle.bisnis.com