Tak bisa dipungkiri perasaan cemas atau khawatir seringkali muncul dalam keseharian, apalagi jika memiliki tuntutan pekerjaan – atau tugas yang dihadapkan dengan deadline. Jika tidak diatasi, perasaan cemas tak hanya memengaruhi mental saja, tetapi juga fisik.

Untuk membantu rasa cemas, apa yang bisa dilakukan? Selain menenangkan pikiran, dengan meditasi, misalnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengurangi kecemasan, stres, dan membuat perasaan lebih bahagia serta membantu tidur lebih nyenyak.

Nah, makanan-makanan ini cocok dikonsumsi ketika mengalami kecemasan atau gejala depresi.

Penasaran, apa saja jenis makanan yang dimaksud? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di ulasan berikut ini!

 

 

1. Salmon

Credit Image - health.kompas.com

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan omega-3 yang mampu mengatasi kecemasan. Ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University, Amerika Serikat, dalam jurnal Brain, Behavior, and Imunity. 

Selain itu, omega-3 juga merupakan asam lemak esensial yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mental, ampuh meredakan gejala depresi, mengurangi gejala kecemasan serta meningkatkan fungsi kognitif untuk berpikir.

Salmon cukup mudah diolah. Bisa ditumis, dipanggang, atau dijadikan sup. Rasanya enak dan kaya akan manfaat kesehatan!

 

2. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu makanan fungsional alami yang mampu meredakan cemas. Asparagus merupakan sayuran yang tinggi akan potasium atau kalium, serat, vitamin A, C, E dan K, dan kromium yang bermanfaat dalam mengurangi kecemasan. Selain itu, kandungan folat yang tinggi bisa membantu meningkatkan suasana hati dan mendukung perkembangan otak.

Kamu bisa mengolah asparagus menjadi sup, ditumis, dipanggang, dan sebagainya. Tertarik untuk mulai mengonsumsinya?

 

3. Cokelat Hitam

Credit Image - doktersehat.com

Siapa yang tidak suka cokelat? Salah satu jenis makanan yang mampu meredakan cemas adalah cokelat hitam atau dark chocolate. Makanan yang satu ini mengandung senyawa antioksidan flavonoid yang baik untuk otak serta dapat membantu meningkatkan suasana hati.

Penelitian yang telah dilakukan oleh Nestle Research Center di Lausanne, Switzerland, yang dimuat dalam Journal of Proteome Research menyatakan bahwa mengonsumsi cokelat hitam setiap hari mampu mengurangi kadar hormon stres pada mereka yang memiliki kecemasan tinggi. 

Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi makanan dan minuman. Kombinasi cokelat hitam dan alpukat merupakan salah satu kombinasi yang tepat untuk mengurangi kecemasan.

 

4. Kacang Mete

Makanan lainnya yang ampuh untuk mencegah dan mengatasi rasa cemas berlebih ataupun stres adalah kacang mete. Kandungan seng atau zinc yang tinggi disebut-sebut mampu mengurangi dan mereduksi rasa cemas. Selain itu, kandungan mineralnya juga terbukti membantu menurunkan gejala kecemasan. 

Kamu bisa memadukannya menjadi olahan salad atau mengonsumsinya secara langsung sebagai camilan, ya. Akan tetapi, baiknya batasi produk kacang mete yang sudah ditambahkan banyak garam dan perasa lainnya.

 

5. Alpukat

Credit Image - healthline.com

Alpukat merupakan buah yang memiliki cita rasa yang nikmat serta bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan. Salah satu manfaatnya adalah mampu meredakan rasa cemas berlebih. Kandungan vitamin B yang tinggi dalam alpukat dapat membantu melepaskan neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin. Aliran serotonin dan dopamin ini mampu untuk mengatasi rasa cemas berlebih.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menikmatinya secara langsung, mengolahnya menjadi jus ataupun salad. Kaya rasa dan manfaat, ya!

 

6. Makanan Tinggi Vitamin B Kompleks

Selain sejumlah makanan di atas, meredakan perasaan cemas juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi asupan vitamin B kompleks, lho.

Vitamin B kompleks sejatinya terdiri dari 8 jenis vitamin, yaitu vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (asam folat), dan vitamin B12 (kobalamin).

Lebih spesifik – gabungan vitamin tersebut memang dapat meningkatkan suasana hati dan energi dalam tubuh. Tapi, dari kedelapan vitamin B kompleks, terdapat empat jenis vitamin yang benar- benar berpengaruh pada mood seseorang, lho.

Dimulai dari vitamin B3 atau niasin yang memiliki peran dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Kemudian, ada juga vitamin B6 yang dikenal perannya untuk fungsi tubuh, fisik, dan psikologis. Vitamin B6 sangatlah penting, karena vitamin ini juga dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi.

Vitamin B6 memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood seseorang. Sehingga, kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan suasana hati yang mudah berubah. Bahkan, pada wanita, kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gangguan pre-menstruasi dan depresi akibat ketidakseimbangan hormon.

Kemudian, vitamin B9 juga tidak kalah pentingnya dalam produksi sel baru di dalam tubuh. Jadi, kekurangan vitamin B9, tak hanya dapat memengaruhi fungsi tubuh, tetapi juga memicu timbulnya depresi.

Asam folat dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Yang terakhir, vitamin B12 juga berperan penting dalam meningkatkan suasana hati. Vitamin ini dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu mendongkrak mood, sekaligus membentuk energi positif di dalam tubuh.

Untuk memperoleh sejumlah vitamin B kompleks, kamu bisa memperoleh asupan ini dari ikan salmon, daging sapi, susu, yogurt, sayuran berdaun hijau, dan telur. Selain itu, kamu juga direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet dengan kandungan vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg yang satu ini dapat memberi sensasi rasa segar saat beraktivitas.

Untukmu kaum produktif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama – serta dapat membantu mengurangi rasa cemas.

Dan, kandungan vtamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia.

 

Untukmu yang merasakan cemas, jangan khawatir, ada berbagai jenis makanan yang dapat membantu mengurangi perasaan tersebut. Yuk, coba dikonsumsi!

 

 

Featured Image – everydayhealth.com

Source – idntimes.com