Otak merupakan organ yang berperan mengendalikan pikiran yang berpengaruh pada gerak tubuh, termasuk stres. Jika sering mengalami stres, maka perbaikan otak harus dilakukan, sehingga perasaan tersebut dapat dikendalikan dengan baik.

Untuk mencapai perbaikan otak sekaligus menjaga kesehatan dan fungsinya, ada beberapa kegiatan sederhana yang bisa kamu lakukan, lho. Apa saja? Untuk lebih jelasnya, yuk, simak informasi lengkap di bawah ini!

 

 

1. Mengendalikan Stres

Credit Image - halodoc.com

Stres berlebih berdampak buruk terhadap kesehatan otak dan juga kesehatan tubuh. Permasalahan yang begitu kompleks terkadang mempengaruhi pola pikiran. Apalagi jika memaksakan diri untuk menyelesaikannya itu bisa berakibat buruk karena otak juga butuh istirahat sejenak. Sehingga, dalam dunia kesehatan pikiran yang stres sama halnya menguras hormon baik dalam tubuh dan juga menguras pikiran pada otak.

Mudahnya, kita bisa memilih dan melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan masalah jika memang perlu penyelesaian dari luar. Kamu perlu terbuka dengan orang di sekitar dan berbicara. Setidaknya kamu tidak memendam masalahmu sendiri yang membuat otak penat.

 

2. Memperbaiki Pola Tidur

Zaman sekarang rata-rata anak muda sering kali begadang tidak kenal waktu. Entah mengerjakan tugas atau sekadar kumpul bersama teman-temannya. Padahal, jika dilanjutkan secara terus menerus ini tidaklah berakhir baik. Kamu perlu menjaga stamina tubuh dan otak dengan seimbang. Pola tidur yang tidak teratur adalah salah satu alasan kenapa sering lemas tanpa alasan.

Lalu, solusi yang perlu dibenahi adalah dengan menjadwalkan waktu tidur. Bukan tidak diperbolehkan begadang secara mutlak, hanya saja perlu digaris bawahi bahwa jika begadang sudah menjadi kebiasaan maka akan sulit mengendalikan otak untuk berpikir jernih. Lakukan hanya sekali dua kali agar otak tidak cepat lelah.

Bila diperlukan kamu bisa melakukan olahraga rutin. Sebab manfaat olahraga tidak hanya diperuntukkan untuk menguatkan struktur tulang, namun juga mampu menurunkan tingkat stres dan otak bekerja lebih baik.

 

3. Rutin Membaca Buku

Credit Image - duniadosen.com

Membaca sama halnya menambah kosa kata baru. Semakin banyak tulisan di buku yang dibaca maka akan menambah wawasan baru bagi otak. Seperti yang kita ketahui, rata-rata anak-anak yang cerdas memiliki kebiasaan membaca yang luar biasa. Sehingga, membaca buku memang sudah terbukti efektif dalam kesehatan otak jangka panjang.

Bagi kamu yang sulit membaca, kamu bisa mencobanya dari sekarang. Sedikitnya membaca sebanyak satu halaman terlebih dahulu dalam sehari. Jika kamu lakukan secara konsisten maka satu halaman terasa begitu cepat dan hari selanjutnya pasti akan menambah lagi. Kuncinya adalah konsisten membaca setiap hari.

 

4. Rehat Sejenak dari Media Sosial

Media sosial memang tidak buruk, namun terkadang konten yang ditonton membuat pikiran penat dan kehilangan banyak waktu yang sia-sia. Coba kamu alihkan waktu sebentar untuk hal-hal yang lebih berguna, seperti mengerjakan tugas atau sesuatu yang mendukung hobimu. Itu lebih produktif dan juga berusaha mengendalikan pikiran-pikiran yang positif. Rehat sebentar dari media sosial tidak akan membuatmu merasa tidak up to date, tapi membuat pikiranmu lebih baik. 

Tidak jarang sebagian orang merasa depresi ketika menggunakan gadget untuk bermedia sosial. Melihat isi konten yang tidak mendukung pikiran juga bisa berdampak pada depresi diri. Biasanya diawali dengan gejala cara seseorang berpikir, merasa, dan berperilaku. Sehingga, secara signifikan apa yang ditonton tersebut mengganggu fungsi dalam kehidupan sehari-hari terkait kesehatan pikiran.

 

5. Lakukan Perubahan Rutinitas

Credit Image - beautynesia.id

Pernahkah kamu merasa bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja dan merasa menginginkan sesuatu yang baru. Misalnya, perubahan yang mengarah sejenis tantangan. Jika hal itu terjadi pada dirimu itu tandanya kamu bosan dengan aktivitasmu. Lalu, bagaimana solusinya? Solusinya adalah dengan merubah sebagian kegiatanmu yang kamu lakukan.

Hal seperti itu biasa dialami oleh anak muda zaman sekarang. Apalagi setelah masa pandemi sudah mulai mereda rasanya lumayan menguras kebosanan. Kiranya tantangan yang baru lebih menantang kamu untuk lebih progresif dan upgrade diri dalam hidup.

 

6. Rutin Mengonsumsi Vitamin Tertentu

Selain melakukan kegiatan di atas, menjaga kesehatan otak juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin, seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin C. Untuk memperoleh asupannya, kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti dari Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Jadi, itulah deretan hal yang dapat membantu menjaga kesehatan otak. Yuk, mulai dilakukan!

 

 

Featured Image – verywellmind.com

Source – idntimes.com