Covid-19 bisa menginfeksi siapa saja. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini pun bisa menjangkit seseorang yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap hingga dosis ketiga. Meski demikian, gejala yang dialami akan saling berbeda setiap orangnya.

Gejala-gejala yang dialami pun biasanya akan muncul secara bertahap hingga kamu dinyatakan benar-benar bebas dari virus ini. Untuk itu, kamu harus mengenali gejalanya dari hari ke hari. Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Gejala Awal, Ditandai Demam dan Sakit Tenggorokan

Credit Image - alodokter.com

Saat terpapar Covid-19, hal pertama yang mungkin dirasakan adalah sakit tenggorokan. Secara garis besar, kamu juga mulai meriang atau tidak enak badan. Kamu juga bisa merasakan kering di mulut dan napas yang terasa panas.

 

Demam, Batuk-batuk, dan Sakit Kepala

Setelah sakit tenggorokan, kamu akan mengalami batuk kering yang cukup mengganggu. Batuk ini biasanya disertai dengan sakit kepala dan tubuh yang terasa lemas. Biasanya gejala ini akan muncul pada hari kedua atau ketiga.

 

Kehilangan Nafsu Makan dan Anosmia

Credit Image - health.kompas.com

Beberapa pasien akan kehilangan nafsu makan yang disertai kehilangan indera perasa dan penciuman. Sebaiknya lawan gejala ini, tetap makan sesuai kebutuhan. Sebab, kamu harus tetap memenuhi nutrisi tubuh agar imunitas meningkat.

Biasanya, gejala ini akan dirasakan pada hari kedua atau ketiga. Bersamaan dengan batuk yang mulai terasa.

 

Mual dan Diare

Mual dan diare memang bisa dialami pasien Covid-19. Ingatlah bahwa penyakit ini tidak hanya menyerang saluran pernapasan.

Banyak pasien terutama yang terpapar varian Omicron mengaku mengalami diare selama beberapa hari. Diare biasanya dialami pasien pada hari ketiga atau keempat. Ada juga yang mengalaminya di awal-awal paparan Covid-19.

 

Berangsur-angsur Pulih

Credit Image - halodoc.com

Beberapa gejala seperti demam, sakit kepala, hingga diare mulai pulih. Hal ini biasanya terjadi pada hari keenam atau ketujuh setelah gejala pertama muncul.

 

Pencegahan Infeksi Virus yang Dapat Diterapkan

Untuk menghindari risiko buruk dari Covid-19, maka kamu harus terus melakukan langkah pencegahan secara ketat.

Selain mendapat vaksinasi sekaligus menjalani protokol kesehatan, untuk menghindari risiko infeksi Covid-19 Omicron dan juga subvariannya, kamu juga harus menguatkan imunitas tubuh. Ingat, kekebalan yang baik merupakan perlindungan utama dalam mengurangi risiko paparan virus penyebab penyakit.

Optimalkan kekebalan tubuh dengan menerapkan pola makan sehat yang dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Serta, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya!

 

Jadi, itulah gejala Covid-19 dari hari ke hari. Kamu patut mewaspadai sejumlah gejala tersebut – dan jika terinfeksi dan kondisi tak kunjung membaik, maka segera kunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

 

Featured Image – health.detik.com

Source – cnnindonesia.com