Dalam bidang apa pun kamu berprofesi saat ini, pensiun pasti menjadi tujuan jangka panjang yang tak bisa dihindari. Bagi kebanyakan pekerja masa pensiun adalah hal yang tak perlu dipikirkan karena sudah ditanggung negara, misalnya. Namun tidak jarang pekerja yang takut dengan masa pensiun. Salah satu penyebab ketakutan ini karena kurangnya persiapan yang matang sedangkan kebutuhan finansial masih terus berjalan. Untuk itu, persiapan pensiun menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh para pekerja.

Persiapan dalam hal ini tidak hanya soal uang dan tabungan masa tua. Tapi harus menyeluruh, mulai dari keterampilan yang cocok bagi lansia, kegiatan positif, hingga persiapan dari segi fisik. Terutama dengan fakta bahwa usia lansia lebih rentan terkena penyakit dibanding saat masih produktif. Mari mulai menjalankan tips persiapan pensiun bagi pekerja di bawah ini.

 

Tips Persiapan Pensiun

1. Merencanakan Bisnis atau Pemasukan Pasif

Pensiun berarti berhenti bekerja sehingga tidak ada lagi penghasilan rutin yang akan diterima. Jika masih ada pun, jumlah atau nominalnya tidak sebesar saat masih aktif bekerja. Itulah kenapa memiliki bisnis sampingan yang bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari menjadi penting. Jenis bisnis paling direkomendasikan adalah mengelola pemasukan pasif (passive income). Contohnya adalah memiliki kos-kosan, menyewakan alat atau mesin langka, hingga menyewakan tanah. Selain harga properti yang masih tinggi, bisnis semacam ini juga lebih mudah dikelola karena tidak perlu setiap hari dipantau. Namun jika memang kamu lebih suka dan mampu menjalankan bisnis yang mengharuskan aktivitas fisik, itu sah-sah saja. Misalnya, membangun minimarket atau membeli franchise kemudian mempekerjakan orang lain.

2. Menabung dengan Cara Paling Sesuai

Selama bekerja, jangan buru-buru menghabiskan semua penghasilan yang diterima. Banyak pepatah yang mengharuskan seseorang pandai menabung benar adanya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan ekonomi, cara menabung menjadi sangat beragam. Cara paling umum dan aman adalah menggunakan tabungan konvensional. Cara lainnya adalah investasi yang sudah terbagi menjadi banyak sekali skema. Masing-masing skema menawarkan jumlah keuntungan dan jangka waktu yang berbeda. Mulai dari saham, obligasi, surat berharga, emas, dan lain-lain. Kamu hanya perlu menyesuaikan antara kebutuhan dengan karakter setiap prosedurnya. Khusus untuk investasi, pastikan kamu memahami ilmunya secara dalam agar tidak mengalami kerugian.

3. Mencoba Hal Baru Sesuai Passion

Meskipun masuk fase lanjut usia, namun tubuh harus tetap aktif bergerak untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Salah satunya dengan memiliki rutinitas sederhana namun bermanfaat besar. Sehingga sangat disarankan bagi kamu untuk meningkatkan  keterampilan atau keahlian baru yang sesuai dengan passion. Sebagai contoh, memelihara ternak, berkebun, membuka kursus, menulis, melukis, hingga menjahit. Rutinitas yang sederhana namun paling disukai juga akan membantu stabilitas suasana hati.

4. Membereskan Urusan Utang dan Tagihan

Memiliki beban pikiran yang terkontrol dengan baik juga menjadi salah satu bentuk mengusahakan masa pensiun yang bahagia. Dari beberapa faktor penambah beban pikiran, utang adalah satu masalah yang harus selesai sebelum masuk masa pensiun. Baik utang kepada orang lain, bank konvensional, maupun penyedia dana lainnya. Termasuk jika kamu masih memiliki tagihan atau cicilan yang belum selesai. Selain menenangkan diri, hal ini juga akan mengurangi beban yang harus ditanggung anak dan/atau anggota keluarga lain.

5. Memiliki Hobi dan Bergabung dengan Komunitas

Berkaitan dengan poin nomor 3, akan jauh lebih seru jika kamu memiliki hobi dan bergabung dalam komunitas tertentu. Berinteraksi dengan orang atau teman sesama anggota komunitas dapat menjaga fungsi kerja otak. Lebih dari itu, interaksi sosial untuk lansia juga meningkatkan ketajaman berpikir, menambah sudut pandang positif, hingga meningkatkan sistem imun tubuh. Jadi, persiapkan masa pensiun dengan menggali kegiatan favorit kamu dari sekarang.

6. Mengusahakan Pola Hidup Sehat dan Aktif

Persiapan pensiun paling panjang yang harus dilakukan sejak pertama kali bekerja adalah fisik yang sehat dan bugar. Pola hidup sehat dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan memperlambat penuaan organ tubuh. Tidak hanya pola makan teratur dengan gizi seimbang, olahraga rutin juga sangat disarankan. Meskipun hanya dengan bersepeda atau jogging 15 – 30 menit sehari. Tubuh yang dirawat dengan baik juga akan menurunkan risiko terkena penyakit menular dan tidak menular. Kamu tentu sepakat bahwa lansia yang sehat akan meningkatkan rasa bahagia.

7. Cek Kesehatan secara Berkala

Khusus untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit berat dan/atau sering kambuh, cek kesehatan secara berkala sangat dianjurkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya komplikasi dan kemungkinan timbulnya gejala dengan tingkat keparahan tinggi. Namun jika kamu tidak ada riwayat penyakit serius, cek kesehatan dapat membantu mendeteksi adanya gangguan tubuh sejak dini.

Masa Pensiun Sehat Bersama Enervon Gold

Menyambung pembahasan soal kesehatan fisik saat masuk masa pensiun, dukung proses pemenuhan gizinya bersama Enervon Gold. Mengandung multivitamin, asam folat, lutein, dan omega 3, tambahan makan ini telah dirancang khusus menjaga kesehatan lansia. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, membantu meningkatkan metabolisme, hingga menjaga fungsi kerja jantung, otak, dan mata. Untuk akses produk asli yang praktis dari mana saja dan kapan saja, Tokopedia dan Shopee Enervon resmi lebih disarankan.