Konsep liburan memang sangat beragam dan tidak sama untuk setiap orang. Terutama saat kamu ingin merencanakan liburan bersama keluarga. Jika kamu sedang membutuhkan ide liburan yang menarik, mengunjungi objek wisata bawah laut adalah salah satu yang sangat direkomendasikan. Tidak bisa snorkeling atau diving dan belum ada keberanian untuk mencobanya? Tenang, taman aquarium adalah solusi tepat liburan paket lengkap. Mulai dari keperluan tamasya, mengisi hari libur, mencari pengalaman baru, hingga edukasi bisa kamu dan keluarga dapatkan. Simak daftar taman aquarium terbaik di Indonesia yang direkomendasikan untukmu dan keluarga.

Daftar Taman Aquarium di Indonesia yang Direkomendasikan

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII populer dengan berbagai macam wahananya yang seru untuk semua usia. Salah satunya adalah bagian Dunia Air Tawar, aquarium biota air tawar terbesar di Asia dengan 6000 ekor dari 126 spesies. Tidak hanya aquarium berukuran besar, kamu juga bisa mengunjungi perpustakaan, auditorium, hingga museum fauna laut. Meski memiliki nama demikian, kamu juga bisa menyaksikan koleksi reptil dan krustasea.

2. Jakarta Aquarium

Sedangkan untuk kamu yang penasaran dengan hewan laut, Jakarta Aquarium adalah taman aquarium berikutnya yang tak kalah populer. Koleksi biota laut yang dimiliki sangat beragam dan mencapai 600 spesies. Mulai dari ikan berukuran besar seperti hiu pari dan pari elang, hingga ikan kecil penuh warna seperti mandarin fish. Tidak hanya bertemu dengan hewan laut, kamu dan keluarga juga bisa menyaksikan pertunjukan teater bawah laut yang diperankan perenang profesional serta mengikuti program edukasi dengan bermalam di sana. Paket lengkap, bukan?

3. Seaworld

Dengan penghuni hewan laut mencapai 7300 ekor, Seaworld memiliki ratusan spesies yang menawan. Tidak hanya dari keluarga hewan laut, biota air tawar juga disediakan untuk para pengunjung. Kalian harus merasakan sensasi jalan-jalan di tengah aquarium berbentuk lorong yang sangat cantik. Bahkan kamu juga bisa mengunjungi kolam terbuka dan berinteraksi dengan beberapa hewan laut yang ada, seperti kura-kura dan hiu bambu. Terdapat dua lokasi yang bisa kamu kunjungi, yaitu Seaworld Ancol dan Seaworld Bali.

4. Aquarium Taman Pintar

Taman Pintar di Yogyakarta ternyata tidak hanya menawarkan koleksi edukasi pengetahuan fisika dan kimia lho. Kamu dan keluarga juga harus mencoba menjelajahi aquarium dengan koleksi hewan air tawar yang dimilikinya. Dengan konsep aquarium yang hampir sama dengan milik Seaworld, kamu bisa mengamati semua fauna dari sudut pandang yang menakjubkan.

5. Kebun Binatang Surabaya

Menjadi salah satu wahana yang memiliki banyak penggemar di Kebun Binatang Surabaya, aquarium di sini menjadi rumah bagi lebih dari 600 spesies ikan. Tidak hanya beragam, kamu juga akan memiliki pengalaman menyeluruh saat berkunjung kemari. Tidak hanya hewan air, kamu juga bisa sekaligus menjelajahi semua koleksi di kebun binatang ini. Tempat wisata lengkap yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Surabaya.

6. Fantastik Aquarium

Hampir sama dengan lokasi sebelumnya, Fantastik Aquarium juga hadir sebagai salah satu wahana keren di taman bermain Jatim Park 2. Dengan koleksi terumbu karang yang menawan, momen menikmati ratusan spesies hewan bawah laut menjadi semakin berkesan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan aquarium 3D dan kolam reptil yang tak kalah keren.

Tips Sehat Selama Liburan Bersama Keluarga

Kamu mungkin berpikir liburan ke taman aquarium tidak perlu banyak persiapan karena lebih banyak memanjakan pandangan. Meskipun begitu, stamina tubuh perlu dijaga agar perjalanan kalian makin sempurna. Selain itu, tubuh yang sehat juga memungkinkan kamu untuk melanjutkan aktivitas dengan bersemangat setelah liburan. Berikut adalah tips menjaga kesehatan keluarga selama traveling.

1. Istirahat Cukup Sebelum Berangkat

Sangat disarankan untuk melakukan persiapan barang bawaan dan selesai beberapa jam sebelum waktunya tidur. Dengan begitu, waktu tidur kalian tidak akan terganggu. Pastikan semua yang ikut liburan mendapat tidur yang cukup ya.

2. Pastikan Kalian Sudah Sarapan

Agar tubuh siap beraktivitas seharian, pastikan kalian telah sarapan dengan menu yang sehat. Sudah banyak menu sarapan yang mudah dibuat sekaligus penuh nutrisi.

3. Mengikuti dan Meningkatkan Protokol Kesehatan

Tidak hanya mengikuti aturan di tempat umum, melaksanakan protokol kesehatan juga meminimalisir tertular virus penyakit. Bawalah alat pendukung kebersihan praktis seperti tisu basah antiseptik, hand sanitizer, hingga masker cadangan.

4. Memilih Menu Makan Sehat

Kamu perlu mengusahakan untuk memilih makanan dengan bahan yang paling sehat. Faktor kebersihan, bahan yang mengandung alergen, hingga cara mengolahnya perlu menjadi prioritas.

5. Optimalkan Stamina dengan Suplemen

Bila perlu, lengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian dengan mengonsumsi suplemen makanan. Selain memastikan tubuh tetap fit, langkah ini juga membantu mengoptimalkan fungsi kerja tubuh.

Liburan Tetap Sehat Bersama Enervon

Menyambung tips terakhir, Enervon menjadi penyedia suplemen makanan yang lengkap dan terpercaya. Dengan varian yang berbeda, formulasi yang dimilikinya telah disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan keluarga. Enervon-C Effervescent menjadi alternatif yang tak boleh dilewatkan.

Dapatkan semua varian produk Enervon di atas dengan mengunjungi toko resminya di Tokopedia atau Shopee. Liburan tak lagi khawatir sakit dengan persiapan yang matang.