Setiap wilayah pasti memiliki beberapa destinasi wisata yang ikonik dan sayang sekali dilewatkan. Tidak terkecuali Surabaya, salah satu kota padat di Indonesia yang populer sebagai kota pahlawan. Namun tidak hanya wisata sejarahnya yang menarik, wahana seru dan edukatif untuk anak-anak juga ada. Berikut ini adalah 8 tempat wisata di Surabaya yang lagi hits.

Tempat Wisata Hits di Surabaya

1. Kelenteng Sanggar Agung

Lokasi pertama ini menawarkan pemandangan patung berukuran megah dengan latar belakang lautan Pantai Ria Kenjeran. Kelenteng Sanggar Agung memiliki deretan patung yang kental akan nilai budaya, yaitu patung Dewi Kwan In, Sha Nan, Tong Nu, dan dua naga besar berhadapan seperti menyambut pengunjung. Jika kamu datang saat hari libur imlek, suasana di sana semakin meriah.

2. Hutan Bambu Keputih

Ingin merasakan suasana teduh dan asri bagaikan di film Jepang? Datanglah ke Hutan Bambu Keputih yang memiliki area seluas 40 hektar. Menjadi lokasi yang hits karena bambu yang tumbuh berderet sehingga menawarkan pemandangan liring yang cantik di beberapa spot. Jangan lupa siapkan pose terbaik kamu di sini.

3. Taman Kenjeran

Selain tugu populer perkelahian hiu dan buaya, tempat wisata ini menawarkan pemandangan hijau dan suasana asri yang menenangkan. Kabar baiknya adalah destinasi ini masih satu komplek dengan Pantai Ria dan Kelenteng Sanggar Agung. Bahkan kamu juga bisa menikmati keseruan di Atlantis Land, wahana permainan air yang seru untuk semua usia.

4. Hutan Mangrove Wonorejo

Dengan luas mencapai 200 hektar, hutan mangrove ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk melakukan beragam aktivitas rutin seperti piknik, lari pagi, memancing, hingga berburu foto dengan spot keren. Kamu juga bisa mengelilingi hutan mangrove ini dengan menyewa perahu lho. Rasakan tenangnya suasana hutan dengan flora fauna yang tinggal di dalamnya.

Sumber: Google oleh Afryandi Nora

5. Museum Sepuluh November

Urusan wisata sejarah di Surabaya tidak boleh melewatkan Museum Sepuluh November. Dengan desain eksterior yang unik, bangunan ini menyimpan beragam benda yang berkaitan dengan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Mulai dari senjata yang digunakan pahlawan zaman dulu, dokumen, lukisan, foto, hingga berbagai macam patung replika. Miliki pengalaman berharga dengan mempelajari nilai juang pahlawan di tempat ini.

6. Food Junction Grand Pakuwon

Bagi kamu yang sangat menantikan wisata kuliner, Food Junction Grand Pakuwon harus masuk dalam itinerari. Tidak hanya menu makanan yang sangat bervariasi, tempat ini menjadi hits karena pemandangan danau kecil yang cantik. Apalagi jika kamu berkunjung saat malam hari. Cocok sekali menjadi tempat makan bersama keluarga dan rombongan wisata kamu.

7. Rumah Batik Surabaya

Salah satu seni budaya Surabaya yang harus kamu kunjungi adalah Rumah Batik Surabaya. Sebagai museum sekaligus tempat workshop, tempat ini menyimpan lebih dari 2000 motif batik khas Pulau Jawa. Wisatawan juga bisa ikut merasakan membuat batik atau sekedar melihat prosesnya. Jangan lupa membawa buah tangan dari sini ya.

8. Jembatan Suramadu

Lokasi yang satu ini menjadi spot di Surabaya yang sedang dan masih hits hingga kini. Jembatan Suramadu selalu jadi ikon Surabaya karena arsitekturnya yang megah. Dengan panjang lebih dari 5 km, jembatan ini menjadi yang terpanjang di Indonesia. Jika bisa, cobalah lewat pada sore hari untuk mendapatkan pemandangan senja yang cantik.

Tips Sehat Menjelajahi Surabaya

Selain menjadi kota yang selalu ramai, Surabaya juga terkenal memiliki sinar matahari yang terik dan suhu panas mencapai lebih dari 33 derajat celcius pada siang hari. Sehingga menjelajahi kota ini perlu dipersiapkan agar momen liburan kamu semakin optimal dengan tubuh yang sehat.

Pertama, jangan remehkan manfaat besar dari tabir surya untuk melindungi kulit dari jahatnya sinar matahari. Terutama jika kamu suka mengunjungi tempat wisata yang terbuka selama berjam-jam. Pastikan kamu mengaplikasikan ulang 2-3 jam sekali. Akan jauh lebih aman jika kamu juga mengenakan aksesoris tambahan seperti topi dan pakaian luar yang menutupi kulit.

Kedua, memastikan tubuh mendapat cairan yang cukup. Jangan sampai menunggu tubuh lemas atau sakit kepala muncul baru minum. Bawalah botol air minum pribadi untuk memudahkan akses terhadap air putih.

Ketiga, penuhi kebutuhan vitamin C untuk mencegah tubuh terkena dampak negatif radikal bebas. Paparan sinar matahari dan polusi termasuk dalam radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan dalam vitamin C akan melindungi sel tubuh secara menyeluruh. Tidak hanya kulit sehat, organ tubuh kamu yang lain juga akan terlindungi dengan baik.

Penuhi Kebutuhan Vitamin dengan Enervon-C Effervescent

Bicara soal vitamin C, mengonsumsi suplemen tambahan disarankan. Terutama bila kamu sulit menjaga pola makan sehat selama traveling. Enervon-C Effervescent hadir dengan bentuk tablet yang mudah larut dalam air putih. Tidak hanya memenuhi kebutuhan zat gizi penting, tablet effervescent yang satu ini juga mendukung pemenuhan cairan tubuh. Meski vitamin C menjadi kandungan terbesar, kamu juga akan mendapatkan asupan vitamin B kompleks yang penting bagi metabolisme tubuh. Cukup mengonsumsinya 1 tablet per hari, tubuh akan lebih fit selama jalan-jalan. Semua produk Enervon yang asli bisa kamu akses dengan mudah melalui toko resmi Tokopedia dan Shopee.

Featured Image Source: Google oleh Hendriyadi Bahtiar