Siapa bilang jalan-jalan dengan keluarga tidak bisa dilakukan di malam hari? Jika kamu berencana liburan ke Surabaya, justru malam hari Surabaya menawarkan keseruan yang berbeda dengan saat siang hari. Karena membawa anak-anak dan anggota keluarga lansia, salah satu trik menikmati suasana malam adalah dengan memulai perjalanan sejak sore atau maksimal jam 18.00 malam. Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa menikmati momen tanpa takut pulang terlalu larut. Agar penentuan destinasi lebih mudah, berikut ini telah kami pilihkan beberapa tempat wisata malam Surabaya yang cocok untuk keluarga.

Tempat Wisata Malam Surabaya

1. Pasar Malam Kodam Brawijaya

Wisata malam tidak bisa dipisahkan dengan pasar malam (night market) dan di Surabaya ada Pasar Malam Kodam Brawijaya. Sesuai dengan namanya, kamu dan keluarga bisa jalan-jalan, belanja, atau sekedar ‘cuci mata’. Daya tarik paling memikat di sini adalah keberagaman wisata kulinernya, jadi jangan lupa untuk memanjakan lidah ya.

2. Loop Graha Famili

Sumber: Google oleh Hanry Setiawan

Hampir sama dengan destinasi sebelumnya, Loop Graha Famili juga menyediakan deretan kedai makanan. Mulai dari makanan berat, kudapan, hingga minuman segar bisa kamu temui di sini. Dengan fasilitas kursi dan meja makan berhadapan, makan malam keluarga saat liburan menjadi lebih seru. Suasana ngobrol dan menghabiskan waktu akan semakin sempurna.

3. Wisata Perahu Kalimas

Sumber: Google oleh Indriana Taufik

Bermandikan cahaya lampu penuh warna, Wisata Perahu Kalimas buka setiap hari. Kamu dan keluarga akan diajak mengarungi Sungai Kalimas dengan perahu. Rute yang akan dilalui bermulai dari Taman Prestasi, sampai ke Taman Ekspresi, lalu kembali ke Taman Prestasi. Selain keindahan lampu dan pantulan cahaya di permukaan air, kamu juga akan melewati beberapa spot foto favorit. Di antaranya adalah di depan Museum Pendidikan, Air Mancur Patung Suroboyo, dan Pasar Apung.

4. Food Junction Grand Pakuwon

Sumber: Google oleh Rose Gatu

Satu lagi tempat wisata malam di Surabaya berbasis kuliner, yaitu Food Junction Grand Pakuwon. Menjadi salah satu kawasan kuliner terbesar di Surabaya, tempat ini menawarkan puluhan kedai makanan. Semakin lengkap lagi karena tempat ini juga menyediakan berbagai macam wahana permainan untuk anak-anak dan dewasa. Sebut saja bebek kayuh, komedi putar, trampolin, hingga kora-kora. Jangan lupa juga untuk berburu latar belakang swafoto yang cantik di sana.

5. Surabaya North Quay

Sumber: Google oleh Didik Nugraha

Daya tarik utama dari wisata malam yang satu ini adalah cantiknya pemandangan di terminal penumpang kapal laut modern. Kamu dan keluarga bisa menikmati indahnya kapal pesiar megah dan mewah yang bersandar dengan warna-warni lampunya. Bahkan jika kamu sudah ada di sana sejak senja, pemandangan matahari terbenam di laut lepas akan menjadi teman makan malam yang sempurna. Aktivitas sederhana seperti mengamati hilir mudik kapal di sekitar pelabuhan menjadi hal yang menenangkan.

6. Surabaya Night Zoo

Menjadi salah satu tempat wisata terbaru, Surabaya Night Zoo menawarkan sensasi berkeliling kebun binatang pada malam hari. Aktivitas seru ini cocok sekali untuk kamu dan anak-anak mengenal satwa yang aktif pada malam hari. Karena layanan Surabaya Zoo ini hanya dibuka pada akhir pekan, sebaiknya kamu melakukan reservasi terlebih dahulu pada laman resmi pengelola. Pastikan kamu mematuhi peraturan yang ada agar tidak mengganggu para satwa.

7. Pantai Kenjeran

Sumber: Wowkeren.com

Pernahkah kamu jalan-jalan ke pantai pada malam hari? Pantai Kenjeran adalah salah satu destinasi wisata malam di Surabaya yang sayang sekali dilewatkan. Selain pemandangan matahari terbenam yang cantik, kamu juga bisa menyaksikan indahnya lampu hias dan pertunjukan air mancur menari Kenjeran. Rasakan suasana alam, suara ombak yang lembut, serta semilirnya angin di sini. Bahkan jika sempat, pemandangan matahari terbit sangat layak ditunggu.

Jaga Kesehatan Meski Berwisata Malam Hari

Wisata malam Surabaya memang sangat beragam dan sayang sekali dilewatkan. Meski tidak setiap malam, pastikan kamu dan keluarga mencoba salah satu atau beberapa keseruan di atas. Agar stamina tubuh tetap terjaga pada esok hari dan hari-hari berikutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan kalian mengenakan pakaian panjang untuk mencegah suhu tubuh turun akibat angin malam. Jika kamu kurang suka dengan pakaian panjang, jaket atau syal bisa dibawa untuk berjaga-jaga.

Kedua, penuhi kebutuhan nutrisi tubuh untuk menjaga sistem imun tetap prima. Selain dari pemilihan makanan yang sehat, langkah ini juga bisa didukung dengan mengonsumsi suplemen. Makanan tambahan tersebut umumnya berisi multivitamin dan mineral yang dapat menguatkan daya tahan tubuh. Enervon menjadi salah satu suplemen praktis yang sangat direkomendasikan. Kandungan lengkap dan bahan yang aman bagi lambung menjadi beberapa keunggulan dari produk ini.

Hadir dengan beberapa varian, Enervon siap menemani liburan kamu dan keluarga kapan pun. Mulai dari Enervon Active untuk dewasa. Semua produk tersebut mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, serta zat gizi lain yang diformulasikan khusus. Dapatkan semua produk di atas dengan mengunjungi toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Puteramentari.com