Bekerja dengan sistem shift membuat pekerja harus siap dengan kerja pada malam hari. Waktu di mana kebanyakan orang istirahat, pekerja harus terjaga untuk menjalankan tugasnya. Dalam kondisi malam hari dan berkaitan erat dengan ritme sirkadian membuat seseorang cenderung lebih sering mengantuk. Sayangnya beberapa orang menganggap makan camilan atau kopi bisa menyelesaikan masalahnya. Padahal ada hal lain yang perlu diperhatikan untuk mengatasinya. Ikuti beberapa cara agar tidak mengantuk saat bekerja shift malam di bawah ini.

Cara agar Tidak Mengantuk Saat Shift Malam

1. Aturan Tidur yang Benar

Waktu tidur bagi pekerja shift malam adalah pagi atau siang hari setelah bekerja. Kamu harus mendapatkan tidur berkualitas selama 7-8 jam. Namun jika memang diperlukan untuk menambah stamina, milikilah waktu tidur sebentar kurang lebih 30 menit beberapa jam sebelum waktu kerja di mulai. Jika jam kerja memakan waktu sekitar 12 jam, kamu bisa menambah lama waktu tidur sebentar 10-15 menit. Beberapa cara untuk mendapat tidur terbaik adalah memastikan ruangan gelap, menjauhkan gangguan seperti ponsel dan gawai lainnya, menggunakan bantal dan selimut yang bersih dan nyaman, mandi air hangat sebelum tidur, dan lain-lain.

2. Latihan Ringan sebelum Kerja

Latihan fisik dan ringan bisa membantu tubuh terasa berenergi. Beberapa bentuk latihan ini bisa dengan peregangan sederhana, lari di tempat, yoga, dan sebagainya. Cukup dengan melakukannya 15-20 menit saat sore atau menjelang shift malam. Olahraga berat atau terlalu lama justru bisa membuat tubuh terlalu lelah, jadi sesuaikan dengan tubuh kamu.

3. Trik Mengonsumsi Kafein Sehat

Tidak bisa dipungkiri bahwa kafein menjadi jalan pintas agar tidak mengantuk yang banyak dipilih. Namun perlu dipahami bahwa jumlahnya harus dibatasi agar tidak mengganggu kesehatan dan merusak jadwal tidur. Meski terlihat mampu membuat terjaga, efek kafein hanya bertahan maksimal 1-2 jam setelah mengonsumsinya. Bahkan tubuh bisa terasa jauh lebih lelah setelah efek kafein hilang.

Untuk itu, maksimal kopi atau teh berkafein yang dianjurkan untuk diminum adalah 200 ml per hari. Selain jumlahnya, beberapa trik sehat yang bisa dicoba untuk mengurangi risiko tersebut adalah dengan menghindari konsumsinya saat jam-jam akhir bekerja dan/atau pilih waktu minum sebelum tidur sebentar.

4. Paparan Sinar akan Membantu

Untuk memberikan efek baik dari ritme sirkadian tubuh, kamu perlu mendapat paparan sinar atau cahaya yang cukup. Meskipun berasal dari lampu, tubuh akan menganggapnya sama dengan sinar matahari dan memberikan sinyal bagi tubuh untuk terjaga. Itulah kenapa saat tidur sebaiknya dalam ruangan atau kamar yang gelap agar tubuh mendapat waktu untuk detoksifikasi tubuh dan proses lain dalam organ tubuh.

5. Beri Jeda bagi Tubuh secara Berkala

Bekerja selama 8 jam atau lebih secara terus menerus meningkatkan risiko mengantuk dan kehilangan konsentrasi. Sehingga penting juga untuk memberikan waktu istirahat sejenak secara berkala. Beberapa kegiatan yang bisa menjadi pilihan adalah pergi ke toilet, jalan-jalan di sekitar kantor, ngobrol ringan dengan rekan kerja, peregangan, cuci muka, mengambil minum air putih dan camilan di sepen (pantry), dan sebagainya sesuai kebutuhan kamu. Interaksi dan gerakan tubuh akan menjaga tubuh tetap aktif dan terjaga.

6. Dengarkan Musik Bertempo Cepat

Selain jeda istirahat, kamu juga bisa bekerja sambil mendengarkan musik dengan tempo cepat. Selain membantu kamu terjaga, daftar lagu favorit juga bisa meningkatkan semangat dan mendukung produktivitas. Kegiatan lain yang patut dicoba jika rasa kantuk tidak tertahankan adalah dengan mandi.

7. Pola Makan Pagi dan Malam

Kecukupan energi juga akan sangat membantu mencegah datangnya kantuk saat kerja malam hari. Beberapa jenis makanan yang disarankan adalah roti gandum, oatmeal, biji-bijian, kacang-kacangan, yogurt, protein hewani, sayur dan buah-buahan, tuna, dan lain-lain. Tidak hanya makan besar, pemilihan bahan makanan juga berlaku saat akan makan kudapan.

Sedangkan jenis makanan yang perlu dihindari adalah makanan dan minuman dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi. Gula dapat memberikan tambahan energi dengan cepat namun tidak bertahan lama. Sedangkan makanan berlemak rentan membuat seseorang lesu.

Untuk melengkapi semua pemilihan makanan sehat tersebut adalah dengan minum air putih secara teratur. Tidak hanya mendukung konsentrasi, minum air putih juga akan mencegah terjadinya kelelahan fisik berlebihan pada hari berikutnya. Jika kamu ingin akses minum air putih yang mudah, sediakan botol minum pribadi di tempat kerja.

Dukung Pemenuhan Nutrisi Bersama Enervon Active

Sebagai catatan tambahan tips terakhir, mengonsumsi suplemen juga bisa menjadi salah satu cara agar tidak mengantuk saat kerja malam hari. Nutrisi harian yang terpenuhi akan membantu tubuh dalam mengelola energi dan metabolisme. Tidak hanya mencegah kantuk, asupan gizi yang lengkap juga akan meningkatkan konsentrasi, stamina, dan menguatkan daya tahan tubuh.

Enervon Active hadir sebagai salah satu suplemen dengan kandungan yang lengkap. Mulai dari vitamin C, vitamin B kompleks, mineral zinc, dan beberapa mineral lain. Apalagi dengan bahan non-acidic yang digunakannya membuat tambahan makan ini aman dikonsumsi setiap hari. Hanya dengan mengonsumsinya satu kali per hari, kamu telah mendukung tubuh terjaga kesehatannya. Dapatkan produknya dengan mengunjungi toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.