Café adalah salah satu tempat yang fleksibel dan serbaguna karena tidak hanya menjadi tempat menyantap makanan. Beragam tujuan untuk datang ke café diketahui semakin luas. Mulai dari nongkrong, bekerja, rapat, hingga mendapat pengalaman berburu spot foto yang seru. Gayung bersambut dengan tren ini, banyak pelaku bisnis berlomba-lomba membuat café dengan daya tarik unik dan segar. Namun apa sebenarnya yang membuat tren café hopping semakin populer? Mari kita bahas bersama di bawah ini, beserta tips melakukannya agar tidak menguras kantong dan memengaruhi kesehatan tubuh.

Café hopping merupakan istilah bahasa Inggris yang berasal dari kata café (kafe) dan hopping (melompat). Sehingga orang yang melakukan café hopping berarti sengaja berpindah-pindah dari satu kafe ke kafe yang lain dalam kurun waktu yang berdekatan. Frekuensi café hopping bisa beragam untuk setiap orang tergantung dari tujuan mereka, namun biasanya dilakukan dalam 2-3 kafe sekaligus dalam satu hari.

Alasan Café Hopping Menjadi Tren

1. Tawaran Menu yang Semakin Unik

Bagi pecinta kopi, makanan manis, dan kudapan ringan, kafe adalah tempat yang cocok untuk memanjakan lidah. Banyak kafe menghadirkan menu spesial yang kekinian, sebut saja cromboloni, croffle, kopi dalgona, kopi biscoff, dan masih banyak lagi lainnya. Menu yang diperbarui secara berkala biasanya menjadi daya tarik kuat untuk pengunjung.

2. Desain Tempat yang Terus Berkembang

Jika bukan karena menunya, kafe juga banya dikunjungi karena desain interior atau eksteriornya yang estetik. Desain kekinian bisa menjadi spot foto bagi banyak pengunjung, baik kalangan muda maupun orang tua sekalipun.

3. Kenyamanan dan Lengkapnya Fasilitas

Beberapa fasilitas yang diberikan kafe untuk menunjang kenyamanan adalah ruangan ber-AC, WiFi gratis, suasana bekerja yang kondusif, hingga arus listrik. Sebagian kafe bahkan menawarkan suasana bekerja di luar ruangan. Jadi wajar jika kafe sangat populer untuk banyak aktivitas.

4. Merangsang Kreativitas dan Produktivitas

Bicara soal aktivitas di kafe, bekerja adalah salah satu bentuk kegiatan yang paling umum ditemukan di kafe. Baik pekerjaan yang berkaitan dengan kreativitas maupun yang bersifat administrasi. Beberapa studi menjelaskan salah satu hal yang membuat ide segar dan fokus terus mengalir adalah pembuatan bangunan dengan langit-langit yang tinggi (high ceiling). Selain itu, suasana baru juga membuat pikiran lebih segar dan produktif.

5. Mini Obyek Wisata

Semua pengalaman di atas sudah cukup membuat kafe menjadi mini obyek wisata. Apalagi jika suatu kafe menggunakan konsep yang belum ada sebelumnya atau dekat dengan keindahan alam. Dijamin kafe ini akan masuk dalam target café hopping.

Tips Melakukan Café Hopping

Dengan tujuan dan keperluan yang berbeda, tentu saja kegiatan kamu di satu kafe juga akan berbeda. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tubuh tidak salah mendapat asupan sekaligus tidak menguras kantong.

-  Untuk Keperluan Rekreasi

  1. Saat kamu ingin datang bersama teman atau keluarga, sebaiknya tidak membawa serta terlalu banyak orang jika kalian tidak ingin terpisahkan oleh meja yang berbeda. Kebanyakan kafe memiliki meja yang relatif kecil dan kursi yang terbatas. Apabila kalian tidak reservasi terlebih dahulu, pilihan meja yang dapat digabung bisa sangat terbatas.
  2. Cek menu terfavorit dan kandungannya jika kamu bingung karena terlalu banyak menu yang ditawarkan. Lihat deretan menu best seller atau tanyakan pada pramusaji menu apa yang paling populer.
  3. Jangan ragu untuk berbagi (sharing) makanan dan minuman agar kalian bisa menikmati banyak menu tanpa takut perut terlalu penuh. Hal ini juga mencegah kamu terlalu banyak mengonsumsi gula, garam, dan tentu saja kafein.

-   Untuk Keperluan Produktivitas

  1. Bijaksana memanfaatkan waktu bekerja di kafe dengan mempersiapkan bahan yang akan dikerjakan terlebih dahulu di rumah. Langkah ini akan mencegah kamu menghabiskan terlalu banyak waktu dan uang di kafe tapi pekerjaan tidak selesai.
  2. Pilih jenis kafe sesuai jenis pekerjaan yang akan digarap. Kafe dengan suasana tenang cocok untuk pekerjaan desain atau menulis. Sedangkan kafe dengan suasana yang lebih hidup cocok untuk pekerjaan adiministrasi atau rapat.
  3. Bawa barang pribadi yang benar-benar kamu butuhkan, seperti perangkat pengisi daya (charger) laptop dan ponsel, pembatalan kebisingan aktif (noise cancelling), hingga power bank. Kemudian pilih tempat duduk yang strategis dekat dengan sumber listrik. Mengurai kabel terlalu panjang dari sumber listrik ke meja kamu bisa membahayakan pramusaji dan pengunjung lain yang lewat.
  4. Berikan tubuh waktu untuk istirahat, misalnya dengan jalan kaki ke kafe lain, melihat pemandangan jauh, mendapat sinar matahari, dan lain-lain. Tips yang satu ini untuk menjaga kesehatan tubuh dan stamina meskipun kamu duduk dalam waktu yang lama.

Selain tips khusus di atas, penting juga untuk memahami etika dasar berkunjung ke kafe secara umum. Beberapa hal yang perlu diingat adalah sebagai berikut:

  • Pahami aturan tertulis di kafe tujuan, misalnya dilarang membawa makanan atau minuman dari luar, dilarang berbicara keras, dan lain sebagainya.
  • Hargai pengunjung lain dan pramusaji dengan peka terhadap sekitar. Jika meja di kafe tersebut terbatas dan ada beberapa pengunjung yang antre, sebaiknya segera pindah ke kafe lain.
  • Sadari privilege dan bayar untuk itu, terutama jika kamu pengunjung setia suatu kafe dan suka menghabiskan waktu berjam-jam di sana. Cara ‘membayarnya’ adalah dengan memesan menu setiap beberapa jam sekali atau dengan tidak memesan satu menu yang paling murah untuk seharian.
  • Jaga kebersihan kafe dan lingkungannya karena kamu datang dalam keadaan bersih. Jadi sebaiknya kamu juga pulang tanpa meninggalkan sampah pribadi sembarangan di meja.

Lengkapi Nutrisi Harian dengan Enervon-C Tablet

Melakukan café hopping berarti siap dengan mendapatkan makan siang dan bahkan makan malam di luar. Selama kamu mampu menjaga menu makan tetap sehat, kebutuhan nutrisi harian bisa terpenuhi. Namun jika kamu merasa kurang yakin dengan asupan yang kamu dapat hari itu, maka minum suplemen bisa menjadi salah satu cara untuk membantu melengkapinya. Kandungan multivitamin dan mineralnya mampu membantu menjaga kesehatan tubuh. Terutama untuk kamu yang suka bekerja di kafe (Working From Café) dan hampir setiap hari melakukan café hopping.

Untuk itu, Enervon-C Tablet adalah salah satu produk suplemen yang direkomendasikan. Cukup dengan mengonsumsi satu tablet setiap hari sehabis makan, kamu telah mendukung pemenuhan nutrisi harian tubuh. Kandungan detailnya adalah sebagai berikut vitamin C (500 mg), vitamin B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), vitamin B12 (0,005 mg), kalsium pantotenat (20 mg), dan niacinamide (50 mg). Akses mudah pada produk ini dan varian Enervon lain bisa kamu dapatkan melalui toko resmi Tokopedia dan Shopee.