Lombok merupakan sebuah pulau yang menjadi salah satu destinasi favorit di wilayah Timur Indonesia. Pulau Lombok adalah satu satu dari dua pulau besar yang masuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat setelah Pulau Sumbawa. Pulau yang terletak di sebelah timur Bali ini menyimpan pesona alam yang luar biasa indah. Tidak heran jika banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang menjadikan Lombok sebagai destinasi liburan dalam bucket list mereka. Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di Lombok, mulai dari kebudayaannya yang unik dan beragam serta sejarahnya yang tidak lepas dari pengaruh budaya kerajaan tempo dulu. Namun, daya tarik utama dari Lombok yakni destinasi wisatanya yang menawarkan pantai yang indah, gunung berapi yang megah, serta pemandangannya yang menakjubkan. Jika kamu mempunyai rencana untuk berlibur ke surga tersembunyi di wilayah timur Indonesia ini, kamu bisa simak pilihan destinasi wisata Lombok berikut ini.

Keindahan Pantai Lombok

Sumber: asset.kompas.com

Sebagai sebuah kepulauan, Lombok dikelilingi oleh garis pantai yang panjang sehingga pantai menjadi salah satu destinasi yang sangat populer. Dengan hamparan air berwarna biru, pasir putih, dan bebatuan abstraknya membuat pantai-pantai di pulau ini ramai akan kehadiran wisatawan. Beberapa pantai yang bisa kamu jadikan pilihan wisata ketika berada di Lombok antara lain:

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi berada di Kecamatan Batu Layar dan mudah diakses dengan segala moda transportasi. Ombaknya yang cukup tinggi menjadikan pantai ini destinasi wisata Lombok favorit bagi para pecinta surfing. Kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti snorkeling, bermain kano, hingga melihat matahari terbenam yang indah.

Pantai Tanjung Aan

Jika kamu ingin bersantai sambil menikmati pantai dengan tenang, cobalah datang ke Pantai Tanjung Aan. Pantai ini berada di Bukit Merese, Lombok Tengan dan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan komposisi perbukitan hijau, lautan biru, dan pasir halus dengan dua warna yakni coklat dan putih. Di sini kamu juga bisa berenang, snorkeling, ataupun berjemur santai.

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta tidak hanya ada di Bali, tetapi ada juga Pantai Kuta Lombok atau yang sering disebut dengan Pantai Merica. Hal ini dikarenakan pasirnya memiliki butiran yang teksturnya mirip seperti merica. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang bisa kamu kunjungi untuk menyaksikan panorama atau sunset Pantai Kuta Lombok dari ketinggian. Kamu juga bisa snorkeling, naik banana boat, atau naik jetski.

Pantai Selong Beranak

Pantai ini dikelilingi perbukitan hijau dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga banyak peselancar pemula yang datang untuk berlatih surfing. Pantai ini juga belum memiliki banyak pengunjung sehingga sangat cocok jika kamu ingin berenang atau berlatih surfing dengan nyaman.

Keagungan Gunung Rinjani

Sumber: img.okezone.com

Destinasi wisata Lombok berikutnya yang patut dijelajahi adalah Gunung Rinjani. Menjadi gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Gunung ini menawarkan pemandangan alam dengan hutan hujan tropis, savana, danau, hingga air terjun yang menjadikan pemandangan gunung rinjani sangat menakjubkan. Tidak heran jika gunung ini menjadi salah satu destinasi pendakian terpopuler di Asia Tenggara.

Tantangan: Meskipun terkenal cukup berat, jalur pendakian terbaik di Indonesia ini menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Saat mencapai puncak, rasa lelah para pendaki akan terbayar dengan kawah yang sangat besar dengan Danau Segara Anak di dalamnya yang berwarna biru kehijauan.

Jalur Pendakian dan Estimasi Waktu: Ada 6 jalur pendakian yang bisa dilalui untuk mencapai Puncak Rinjani yaitu Jalur Sembalun, Jalur Senaru, Air Berik, Timbanuh, Tete Batu, dan Torean. Namun, jalur yang menjadi favorit para pendaki yakni Jalur Sembalun yang treknya lebih mudah dan lebih cepat 700 meter. Waktu pendakian umumnya sekitar 2-5 hari dan itu tergantung pada rute jalur pendakian serta kondisi tubuh setiap pendaki.

Persiapan Pendakian: Pendakian ke Gunung Rinjani membutuhkan persiapan yang matang termasuk fisik yang bugar, kebutuhan logistik yang sesuai, dan pemahaman yang baik terkait jalur trekking untuk memastikan pendakian lancar.

Keajaiban Alam Lain di Lombok

Selain pantai dan gunung berapi, Lombok juga menawarkan berbagai keajaiban alam lainnya yang tidak kalah memukau seperti wisata air terjun dan taman nasional. Beberapa destinasi wisata Lombok tersebut antara lain:

 Air Terjun Tibu Beneng

Selain menyajikan pemandangan air terjun, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan hutan yang begitu asri. Airnya yang cukup jernih dan bersih membuat tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin sekedar berenang atau berendam.

Air Terjun Jeruk Manis

Air terjun yang terletak di bawah kaki Gunung Rinjani ini memiliki hawa yang cukup dingin. Airnya mengalir dari Lembah yang sempit dengan ketinggian sekitar 30 meter. Di sini kamu bisa berenang atau sekedar menikmati keindahan alam sekitar yang alami.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Selain bisa mendaki ke Gunung Rinjani, kamu juga bisa menikmati keanekaragaman hayati flora dan fauna yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Ragam flora misalnya jelatang, keruing, rerau, hingga edelweis. Sedangkan ragam fauna antara lain musang, rusa, lutung budeng, dawah hutan, kepodang kuduk hitam, dan masih banyak lagi.

Jelajahi Lombok dengan Tubuh yang Sehat

Liburan memerlukan tubuh yang prima mulai dari awal keberangkatan hingga liburan selesai. Selain mempersiapkan itinerari dengan baik, jangan lupa juga untuk menjaga pola makan sehat, melengkapi barang bawaan, dan selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Perlu dipahami bahwa aktivitas seru selama liburan juga membuat kamu lebih sering terpapar radikal bebas seperti sinar UV. Untuk itu, jaga imun tubuh agar pengalaman liburan kamu optimal.

Bila perlu, untuk mendukung pemenuhan gizi harian kamu bisa mengonsumsi suplemen multivitamin dan mineral. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Enervon-C Tablet dengan kemasan travel yang mudah dibawa. Tentu saja kandungannya juga lengkap, kamu akan mendapat asupan vitamin C, B kompleks, niacinamide, dan kalsium pantotenat. Cukup dengan minum satu tablet per hari, kamu telah membantu tubuh dalam mempertahankan sistem imun dan produksi energi. Dapatkan produknya lebih mudah melalui Tokopedia dan Shopee resmi Enervon.

Featured Image - indonesia.travel