Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, termasuk hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek, bersin-bersin, nyeri otot, sakit kepala, dan kelelahan. Saat ini terjadi, kamu pastinya merasa tidak nyaman dan mencari tahu bagaimana cara menyembuhkan flu dengan cepat. Selain beristirahat dan minum banyak cairan, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa segera pulih dari influenza.

Penyebab Flu/Influenza

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa flu disebabkan oleh infeksi virus. Secara umum, virus influenza tipe A dan tipe B merupakan penyebab utama flu musiman. Virus ini dapat menular dari satu orang ke orang lain melalui tetesan kecil yang dilepaskan oleh penderita flu saat batuk, bersin-bersin, atau pada saat berbicara. Lalu siapa saja yang rentan terhadap virus ini? Berikut beberapa faktor risiko virus influenza yang sebaiknya kamu tahu.

1. Kontak Dekat dengan Orang yang Terinfeksi

Flu sangat menular dan dapat menyebar secara mudah melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, terutama dalam lingkungan yang padat. Oleh sebab itu, usahakan memakai masker saat sedang flu atau melakukan isolasi mandiri di rumah agar tidak menularkan flu ke orang lain.

2. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti anak-anak, orang tua, wanita hamil, dan orang dengan kondisi kesehatan kronis (seperti diabetes, penyakit jantung, atau penyakit paru-paru), lebih rentan terhadap infeksi flu.

3. Lingkungan Tertentu

Tempat-tempat seperti sekolah, rumah sakit, panti jompo, dan tempat kerja yang padat adalah lingkungan di mana virus flu dapat menyebar dengan cepat. Jadi, pandai-pandailah menjaga diri dan tidak dekat-dekat dengan orang yang sedang flu supaya tidak tertular.


 

4. Peralihan Musim

Flu lebih umum terjadi selama musim dingin dan awal musim semi, karena virus influenza lebih stabil dan menyebar lebih mudah dalam suhu dingin dengan kelembapan rendah.

5. Kurang Menjaga Kebersihan

Kebiasaan tidak mencuci tangan dengan benar atau sering menyentuh wajah terutama di area hidung, mulut, dan mata dapat meningkatkan risiko terkena flu.

6. Sedang Bepergian/Melakukan Perjalanan

Bepergian ke daerah dengan wabah flu atau bepergian dengan pesawat terbang dapat meningkatkan risiko terkena flu karena berada dalam jarak dekat dengan banyak orang.


 

Cara Menyembuhkan Flu dengan Cepat

Sumber: freepik/gorynvd

 

Setelah memahami penyebab dan faktor risiko yang memperbesar peluang terkena penyakit flu. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menyembuhkan flu dengan cepat. Simak baik-baik ya!

1. Istirahat yang Cukup

Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup. Pasalnya, tidur membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, sehingga tubuh bisa segera pulih.

2. Minum Banyak Cairan

Jangan lupa untuk minum banyak cairan saat sedang flu. Hal ini tak hanya air putih saja, tapi juga mencakup teh herbal, sup, dan jus untuk mencegah dehidrasi dan melonggarkan lendir.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak, untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

 

 

4. Mengonsumsi Obat yang Sesuai

Gunakan obat bebas yang tersedia di apotek seperti acetaminophen atau ibuprofen untuk mengurangi demam dan nyeri. Pada kondisi tertentu, dokter mungkin juga akan meresepkan obat dekongestan atau antihistamin untuk mengatasi hidung tersumbat dan gejala lainnya.

5. Menggunakan Humidifier

Menggunakan humidifier di kamar tidur bisa membantu menjaga kelembapan udara dan meringankan gejala hidung tersumbat, serta tenggorokan kering.

6. Gargling dengan Air Garam

Jika kamu merasakan sakit pada area tenggorokan, bisa mencoba untuk melakukan gargling dengan air garam. Berkumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

 

 

7. Menghirup Uap

Menghirup uap dari air panas bisa membantu melonggarkan lendir dan meredakan hidung tersumbat. Kamu juga bisa menambahkan sedikit minyak kayu putih di dalam air panas untuk hasil yang lebih baik.

8. Menghindari Rokok dan Alkohol

Saat sedang flu, sebaiknya hindari rokok dan alkohol karena dapat memperburuk gejala dan menghambat proses pemulihan.

9. Menghindari Stres

Mengelola stres dengan baik melalui teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam dapat membantu mempercepat pemulihan.

Jika gejala flu yang kamu rasakan cukup parah atau tidak membaik dalam beberapa hari, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

 

 

Cegah Flu dengan Enervon-C Tablet!

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain mengetahui bagaimana cara menyembuhkan flu dengan cepat, kamu sebaiknya juga mencari tahu langkah-langkah tepat untuk mencegah influenza.

Untuk mencegah flu, beberapa langkah yang bisa diambil seperti mendapatkan vaksin flu tahunan, menjaga kebersihan tangan, menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit, dan menjaga kesehatan umum dengan pola makan seimbang, cukup tidur, dan berolahraga secara teratur.

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen atau multivitamin penambah daya tahan tubuh seperti Enervon-C Tablet! Meskipun ada banyak sumber vitamin C yang bisa didapat dari konsumsi sumber makanan alami, tapi konsumsi suplemen vitamin C tambahan juga sangat menunjang kesehatan dan mencegah tubuh terkena flu.

Enervon-C Tablet adalah pilihan multivitamin terbaik yang mengandung vitamin C dan juga vitamin B Kompleks. Vitamin C dikenal sebagai nutrisi penting yang menjaga sistem imunitas sehingga kamu senantiasa sehat dan tidak gampang sakit.

Tambahan vitamin B Kompleks di dalamnya juga sangat baik karena mendukung proses metabolisme sehingga membantu pembentukan energi di dalam tubuh. Hal ini memastikan tubuh selalu fit dan aktif sepanjang hari.

Cukup konsumsi 1 tablet setiap hari dan rasakan manfaatnya yang luar biasa di tubuh. Klik tautan Shopee atau Tokopedia berikut untuk membeli produknya sekarang juga!

 

Referensi:

1. Jacquelyn Cafasso. 12 Tips for a Speedy Flu Recovery. https://www.healthline.com/health/influenza/tips-for-speedy-flu-recovery

2. Jenna Fletcher. How to get rid of the flu fast: Remedies and tips. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-the-flu-fast

Featured image - freepik/evening_tao