Sebagai ilustrasi, Budi adalah mahasiswa magang yang memiliki aktivitas padat setiap hari. Selain belajar di perusahaan, ia juga melakukan beragam aktivitas lain di luar jam kerja. Meskipun kegiatannya padat, Budi selalu memastikan dirinya memiliki jam tidur malam yang cukup yaitu 7-8 jam. Namun dia masih sering merasa lelah, baik secara fisik maupun mental. Apakah kamu salah satu orang yang memiliki kondisi mirip dengan Budi di atas? Jika iya, cermati beberapa tanda-tanda kelelahan fisik dan mental di bawah ini serta cara mengatasinya.

Salah satu hal yang sering membuat orang tidak merasa dirinya sedang lelah secara fisik dan mental adalah mereka merasa itu hanya fase dan akan hilang dengan sendirinya. Sayangnya jika gejala awal kelelahan fisik dan mental tidak segera ditangani, masalahnya dapat berkembang menjadi gangguan kesehatan yang lebih berat. Lalu apa saja tanda-tanda kelelahan fisik dan mental? Perhatikan daftarnya di bawah ini.

Tanda-tanda Kelelahan Fisik dan Mental

1. Mudah Kehilangan Fokus dan Prioritas

Meski tidak disengaja, seseorang yang lelah secara fisik dan mental akan mendapati dirinya mudah melamun, sulit berkonsentrasi, dan sering melakukan kesalahan. Bisa juga berlaku sebaliknya, mereka akan terlalu memikirkan pekerjaan atau tugas sekolah sehingga kurang memperhatikan urusan pribadi yang sama pentingnya.

2. Mengabaikan Pola Makan Sehat

Orang yang lelah secara fisik mulai malas mengolah atau memasak makanannya sendiri. Kemudian secara mental mereka akan cenderung mengabaikan menu makan sehat dan lebih suka ngemil daripada makan besar. Hal ini karena nafsu makan terganggu dan rasa lapar sering tidak terlalu dirasakan. Sayangnya beberapa jenis cemilan yang dipilih umumnya mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi.

3. Tidak Bersemangat pada Aktivitas Favorit

Tidak hanya nafsu makan, mereka juga kehilangan semangat untuk menjalani berbagai aktivitas. Bahkan pada hal-hal yang biasanya menjadi kegiatan favorit atau hobi. Orang yang lelah tubuh dan pikirannya akan merasa kosong, merasa bersalah, dan kehilangan motivasi untuk melakukan hal yang biasanya bisa membuat mereka senang.

4. Merasa Malas Olahraga

Seseorang yang lelah secara mental mungkin beberapa kali ingin mengembalikan energi fisik dengan latihan atau olahraga. Namun proses untuk memulai kegiatan olahraga juga menjadi sangat berat. Ketika berhasil melakukan latihan, mereka menjadi lebih cepat letih, capek, dan lesu meski durasi latihan belum lama.

5. Perubahan Perilaku dalam Bersosialisasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa kelelahan fisik berlebih akan mengarahkan seseorang pada gejala gangguan mental. Mereka cenderung menghindari interaksi sosial, menghindari tanggung jawab, mudah marah, sering membenci lingkungan atau diri sendiri, dan lain sebagainya. Ketika tanda-tanda kelelahan seperti ini sering muncul, seseorang mungkin perlu bantuan orang lain atau ahli psikologi.

6. Mudah Mengalami Berbagai Keluhan Fisik

Beberapa tanda-tanda kelelahan yang dirasakan tubuh adalah sering pusing, nyeri otot, sakit punggung, hingga mengalami masalah pencernaan. Seseorang bisa merasa tidak berenergi meski sudah tidur 8 jam setiap malam. Kondisi ini juga memengaruhi sistem imun sehingga mereka mudah terserang penyakit menular dan/atau tidak menular serta tubuh lebih sulit memulihkan diri.

7. Mengalami Gangguan Tidur

Seiring berjalannya waktu, kelelahan fisik yang berhasil memengaruhi kondisi mental membuat seseorang mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Bahkan tidak jarang mereka sering membutuhkan obat tidur untuk bisa terlelap pada malam hari. Saat kebiasaan ini menjadi siklus, gangguan psikologis rentan dialami.

Photo by cottonbro studio: https://www.pexels.com/photo/woman-doing-yoga-beside-her-dog-4047042/

Cara Mengatasi Kelelahan Fisik dan Mental

Menyadari adanya tanda-tanda kelelahan tubuh dan pikiran adalah satu hal penting. Begitu juga melakukan upaya untuk mengatasinya agar tidak berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih serius seperti burn out dan gangguan mental lain hingga masalah kesehatan kronis. Ikuti beberapa tips cara mengatasi kelelahan fisik dan mental berikut ini.

1. Lakukan Evaluasi Gaya Hidup dan Pola Makan

Segera batasi dan/atau hentikan semua kebiasaan buruk yang membuat tubuh semakin lelah. Di antaranya adalah merokok, mengonsumsi alkohol, sering mengonsumsi makanan olahan berlebih, menunda pekerjaan, terlalu banyak menghabiskan waktu scrolling media sosial, jarang minum air putih, dan sering begadang.

2. Tidur Cukup dan Berkualitas

Kamu mungkin tidur 8 jam setiap malam, namun sudahkah tidurmu berkualitas? Beberapa indikator tidur berkualitas adalah dapat terlelap maksimal 30 menit setelah merebahkan badan, jarang atau hanya sekali terbangun di tengah malam lalu dapat langsung tidur kembali, dapat bangun tanpa alarm, dan lain-lain.

3. Memilih Latihan yang Menenangkan

Jika olahraga dengan intensitas sedang-berat sulit dilakukan, pilihlah jenis latihan yang ringan namun memberikan ketenangan pikiran. Beberapa contohnya adalah meditasi, yoga, tai chi, dan lain-lain. Latihan semacam ini akan melatih tubuh melepaskan tekanan dan beban pikiran sekaligus membuat tubuh semakin berstamina.

4. Kelola Stres dengan Menghindari Pemicunya

Hilangkan tanda-tanda kelelahan mental dengan mengelola stres, bahkan sebelum stres itu muncul. Hindari hal-hal yang bisa memicu stres dan berpotensi menyedot energi fisik dan sosial terlalu cepat. Berikan tubuh dan pikiran waktu untuk rileks dan melakukan hal-hal yang disukai.

Bila Perlu, Dukung Pemenuhan Nutrisi dengan Enervon-C Tablet

Masih berkaitan erat dengan cara menghilangkan tanda-tanda kelelahan fisik dan mental di atas, kekuatan asupan makan adalah hal yang tidak bisa ditawar. Bila memang diperlukan, konsumsi suplemen untuk mendukung pemenuhan nutrisi harian. Untuk urusan produk suplemen, Enervon-C Tablet adalah rekomendasi yang banyak dipercaya. Kandungan multivitamin dan mineralnya yang lengkap mampu membantu tubuh mengelola energi, menambah stamina, serta menguatkan sistem imun. Cukup dengan konsumsi satu tablet per hari, kamu telah mendapat asupan vitamin C, vitamin B kompleks, mineral niacinamide, dan kalsium pantotenat. Akses terhadap varian Enervon yang satu ini juga semakin mudah melalui toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

Keri Wiginton. 2024. Signs You’re Mentally Exhausted. Diakses dari https://www.webmd.com/mental-health/ss/slideshow-signs-youre-mentally-exhausted

WebMD. 2024. Burnout: Symptoms and Signs. Diakses dari https://www.webmd.com/mental-health/burnout-symptoms-signs 

Featured Image - Photo by Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/photo/tired-man-looking-in-mirror-in-bathroom-3771135/