Kamu pasti sudah pernah mendengar bahwa tubuh kita sebagian besar (60%) terdiri dari air. Fakta ini menguatkan bahwa untuk memiliki tubuh yang bugar dan berstamina, mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah upaya wajib. Tentu saja akan jauh lebih baik bila kamu memilih air putih dibanding minuman dengan kandungan gula yang tinggi. Termasuk minum air putih hangat, banyak orang percaya bahwa kebiasaan ini memiliki manfaat yang lebih banyak. Untuk membuktikannya secara ilmiah, simak daftar manfaat minum air hangat di pagi hari di bawah ini. Ikuti juga beberapa tipsnya agar kamu rajin minum air putih.

Minum Air Hangat di Pagi Hari

Minum air putih memiliki manfaat yang besar, mulai dari meningkatkan fungsi sistem pencernaan, mencegah dehidrasi, hingga meminimalisasi kelelahan berlebih. Baik air putih yang hangat, biasa, maupun dingin sama-sama mendukung kesehatan tubuh. Terutama jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup seharian. Terdapat beberapa aturan minum air putih dalam sehari, namun secara garis besar seseorang perlu membagi secara rata untuk pagi, siang, sore, dan malam hari.

Hingga kini penelitian soal manfaat minum air hangat di pagi hari masih belum ditemukan manfaat khususnya. Meskipun begitu, tidak ada ahli kesehatan yang menentang kebiasaan minum air hangat di pagi hari atau waktu lainnya. Selama seseorang mampu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dalam sehari, maka pemilihan suhu air tidak menjadi masalah.

Satu catatan yang harus diikuti adalah jangan mengonsumsi air atau minuman apa pun yang terlalu panas. Air panas yang akan atau baru saja mendidih dapat membakar jaringan di area mulut. Seseorang mungkin akan merasakan sensasi terbakar pada lidah dan tenggorokan. Suhu air yang dianjurkan adalah 54-58 derajat celcius dan maksimal 71 derajat celcius.

Photo by Кристина Александрова: https://www.pexels.com/photo/sliced-lemon-on-clear-glass-cup-3750870/

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Agar kamu semakin semangat mengonsumsi air hangat, di bawah ini akan dibahas beberapa manfaat minum air hangat berdasarkan penelitian yang ditemukan.

1. Mendukung Fungsi Sistem Pencernaan

Pergerakan air putih yang diminum tidak hanya sampai di lambung, tapi juga dapat menjangkau usus halus dan usus besar. Hal ini mampu mendukung proses penyerapan nutrisi dalam pencernaan, termasuk pada makanan yang sulit dicerna. Mencukupi air putih juga akan mencegah usus halus menyerap kandungan air alami dari makanan menjadi terlalu kering. Sisa makanan dan minuman yang terlalu kering bisa memicu konstipasi. Tidak hanya mengganggu proses pembuangan feses, hal ini juga bisa memicu penyakit lain seperti bawasir atau ambeien.

2. Meredakan Hidung Tersumbat

Uap dari air hangat dan air hangat itu sendiri terbukti mampu meredakan hidung tersumbat dengan membuka penumpukan ingus. Selain itu, air hangat juga mampu meredakan sakit kepala akibat sinus dan menenangkan sakit tenggorokan dan batuk kering lebih efektif dibanding air dengan suhu ruangan.

3. Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf

Berdasarkan penelitian pada tahun 2019, minum air secara rutin mampu meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat. Baik hangat atau tidak, minum air mampu meningkatkan fungsi otak terutama saat kegiatan yang membutuhkan konsentrasi. Sistem saraf juga mengatur suasana hati dan kecemasan, jadi mencukupi cairan tubuh akan membantu seseorang lebih tenang, rileks, dan emosi positif lain.

4. Mengembalikan Suhu Tubuh saat Kedinginan

Jika kamu sedang dalam ruangan atau tempat bersuhu rendah, minum air hangat bisa menjaga dan mengembalikan suhu tubuh. Terutama untuk kamu yang mudah menggigil kedinginan, bekerja atau olahraga di ruangan ber-AC, dan sebagainya. Suhu tubuh yang rendah dalam waktu lama cenderung menurunkan performa imun tubuh.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Lancarnya sirkulasi darah erat kaitannya dengan kesehatan organ kardiovaskular, jantung dan pembuluh darah. Mandi dan minum dengan air hangat bisa memperlebar pembuluh darah dan memperlancar aliran darah. Dengan begitu, asupan oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh akan terdistribusi dengan baik.

6. Mendukung Proses Detoksifikasi

Proses penetralan toksin atau racun di dalam tubuh melibatkan berbagai organ dan salah satunya adalah ginjal. Penelitian tahun 2020 menunjukkan bahwa minum air putih dapat meringankan kerja ginjal dengan mengencerkan limbah dalam darah. Selain dengan mekanisme tersebut, mengonsumsi air hangat juga akan membantu kamu berkeringat. Keringat ini juga bisa menjadi media mengeluarkan racun.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Penelitian lain yang lebih dulu menemukan bahwa minuman hangat mampu membantu menurunkan berat badan, terutama bila dikonsumsi sebelum makan. Hal ini terjadi karena metabolisme tubuh meningkat hingga 30% dalam 30-40 menit setelah konsumsi. Metabolisme yang lancar akan mencegah penumpukan lemak dan mendukung pembakaran kalori.

Tips agar Rajin Minum Air Hangat

Dari penjelasan di atas telah dibuktikan bahwa tidak ada efek negatif dari minum air hangat di pagi hari atau waktu lainnya. Baik hangat atau tidak, mencukupi kebutuhan minum harian harus menjadi kebiasaan rutin. Berikut ini adalah beberapa tips agar rajin minum air putih.

  • Kombinasikan air putih hangat dengan irisan buah seperti saat membuat infused water atau teh herbal. Selain agar kamu tidak bosan, langkah ini juga akan menambah nutrisi lain yang sama pentingnya. Jika kamu suka minum kopi, batasi jumlahnya agar tidak mendapat efek samping dari kafein.
  • Sediakan termos dan/atau gelas kecil di dalam kamar tidur jika kamu terlalu malas jalan kaki ke dapur. Termasuk membawa botol pribadi ke tempat kerja, ke kampus, dan/atau di sekolah.
  • Meskipun jumlah rata-rata minimal asupan air dalam sehari yang disarankan adalah 2 liter, setiap orang bisa membutuhkan kurang atau lebih dari jumlah tersebut. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG)  Menteri Kesehatan, jumlah asupan air minum bisa dikategorikan sesuai usia dengan rentang 1.700-2.100 ml per hari.

Jadikan Minumanmu Lebih Bernutrisi

Selain irisan buah dan beberapa bahan herbal, kamu juga bisa mengombinasikan air putih dengan suplemen effervescent untuk mendapatkan manfaat dari kandungan lain. Umumya, suplemen effervescent mengandung multivitamin dan mineral yang tentu saja baik bagi tubuh. Salah satu produk yang disarankan adalah Enervon-C Effervescent, suplemen penuh nutrisi yang mudah larut dalam air. Satu tabletnya mengandung vitamin C (1000 mg), vitamin B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), B12 (0,005 mg), kalsium pantotenat (20 mg), dan niacinamide (50 mg). Baik kemasan satuan (saset) atau tube, kamu bisa mendapatkannya dari toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  1. Kathryn Watson dan Daniel Potter. 2024. 10 Benefits of Drinking Hot Water. Diakses dari https://www.healthline.com/health/benefits-of-drinking-hot-water
  2. Zawn Villines. 2023. What are the benefits of drinking hot water?. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/319673
  3. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. 2022. Tahukah Kamu, Berapa Idealnya Jumlah Air Putih yang Kita Minum Perhari?. Diakses dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/579/tahukah-kamu-berapa-idealnya-jumlah-air-putih-yang-kita-minum-perhari 

Featured Image - Photo by Adrienn: https://www.pexels.com/photo/woman-drinking-from-glass-1458562/