Ada banyak kata-kata untuk menggambarkan perasaan tentang diri kita sendiri, mulai dari perasaan terhadap diri sendiri, cara berpikir terhadap diri sendiri, hingga cara bertindak terhadap diri sendiri. Misalnya, seperti self worth, self-esteem, self-respect, self-love, dan lain sebagainya. Jika kamu memahaminya dengan baik, setiap konsep “self” memiliki makna berbeda dan tujuan yang unik. Namun, ada satu konsep “self” yang sangat penting di antara yang lainnya yakni self worth. Kamu mungkin sering mendengar istilah self worth di media massa, tapi apakah kamu memahami bahwa self worth adalah sudut pandang yang harus dilatih?

Self worth adalah prinsip yang berkaitan dengan nilai intrinsik setiap individu tanpa memandang pencapaian atau penilaian eksternal. Hal ini merujuk pada keyakinan dan penerimaan diri bahwa setiap individu memiliki hak untuk dihargai, dihormati, dan dicintai tanpa memandang prestasi atau kegagalan. Self worth adalah “core” dalam diri sendiri yang mencakup pikiran, perasaan, dan perilaku. Ini berkaitan erat dengan cara pandang individu terhadap kelayakan (worth) dan nilai (value) diri sebagai manusia. Self worth berkaitan dengan penerimaan diri. Artinya, kamu menyadari bahwa segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki adalah hal-hal yang melengkapi diri sebagai seorang manusia.

Pentingnya Menerapkan Self Worth

Self worth yang baik membuat kamu percaya diri bahwa kamu akan baik-baik saja dan mampu menghadapi semua tantangan yang ada. Ada banyak alasan mengapa self worth penting, beberapa manfaat dari memiliki cara berpikir yang satu ini antara lain sebagai berikut.

Memiliki Self-Confidence dan Self-Esteem yang Tinggi

Orang dengan self worth positif memiliki self-confidence dan self-esteem yang tinggi. Hal ini penting karena dapat membantu kamu meningkatkan kepercayaan diri. Saat kamu mengakui diri sendiri sebagai manusia yang berharga dan layak dicintai, otomatis kamu akan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan.

Meningkatkan Hubungan Interpersonal

Orang yang memiliki self worth yang rendah sering kali tidak menghargai dirinya sendiri. Orang tersebut lebih berfokus pada kesalahan serta kekurangan dirinya daripada kelebihan dan kekuatan dalam dirinya. Self worth positif membentuk dasar untuk hubungan yang sehat dengan diri sendiri dan orang lain, termasuk menghargai sesama. Dengan begitu kamu akan memiliki hubungan yang baik dan saling menghargai dengan banyak jenis manusia dan segala karakternya.

Kesejahteraan Mental

Self worth yang rendah dapat juga membahayakan kesehatan mental dan menyebabkan masalah seperti depresi dan kecemasan. Self worth yang positif adalah kunci untuk kesehatan mental karena dapat membantu mengembangkan keterampilan, solutif, menangani masalah, serta menempatkan hal negatif ke dalam perspektif yang lebih objektif.

Keberhasilan Kehidupan Pribadi dan Karier

Self worth membuat kamu merasa percaya diri pada kemampuan yang dimiliki, serta terbuka untuk terus belajar sehingga dapat membantu kamu memperoleh pengetahuan atau keterampilan baru. Kamu lebih berani mengambil risiko untuk mencapai tujuan, baik dalam kehidupan pribadi maupun karier.

Image by freepik

Tips Mencapai Self Worth

Ada banyak cara untuk mencapai self worth, salah satunya yakni dengan tidak merendahkan diri sendiri dan menggantinya dengan kepercayaan bahwa kamu bernilai dan cukup. Jika kamu ingin belajar untuk mencapai self worth yang positif, ada beberapa tips di bawah ini yang bisa membantu kamu.

Kenali Nilai Diri

Langkah pertama adalah dengan menyadari bahwa kamu adalah seseorang yang memiliki nilai dan pantas untuk dihargai. Hargai diri sendiri atas segala usaha yang kamu lakukan untuk sampai di titik ini. Misalnya, di tempat kerja kamu bisa memberikan harga untuk jasa yang kamu tawarkan atau kamu juga bisa menetapkan batasan-batasan ketika di tempat kerja. Seperti seberapa banyak kamu dapat membantu apabila rekan kerja minta tolong. Seberapa hebat kamu dalam membuat sebuah laporan sederhana, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentukan Tujuan yang Paling Membuatmu Semangat

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki tujuan hidup dapat meningkatkan kesejahteraan mental. Mengejar minat di tempat kerja, menjalani hobi, atau menjadi sukarelawan dapat membantu meningkatkan harga diri. Pikirkan tentang hal-hal yang paling penting dalam hidup kamu dan tentukan bagaimana kamu akan mencapai tujuan tersebut. Ingatkan diri sendiri bahwa kamulah yang memegang kendali atas hidupmu sendiri.

Ingat Pencapaian Diri

Salah satu cara meraih self worth adalah dengan berhenti sejenak untuk mengingat berbagai hal yang telah kamu capai dalam hidup. Kamu bisa mencoba membuat jurnal yang berisi usaha serta kesuksesanmu selama ini. Tidak selalu berupa pencapaian besar, hal sederhana seperti menciptakan menu masakan baru yang enak juga bisa menjadi pencapaian berharga. Cara ini akan membantu kamu untuk lebih bersyukur dan berterima kasih pada diri sendiri. Nikmatilah rasa self worth yang sudah kamu peroleh dengan kerja keras dan cobalah untuk mempertahankannya.

Kenali Kelebihan dan Kelemahan Diri

Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri kemudian menerima keseluruhannya adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meraih self worth.  Setelah kamu tahu kelebihan diri, manfaatkan kelebihan tersebut untuk mencapai tujuan hidupmu. Sedangkan untuk kelemahan diri, kamu bisa cari cara untuk memperbaikinya dan hindari pikiran negatif yang berlarut. Berkomitmenlah untuk bersikap lebih positif pada diri sendiri.

Self Worth Positif = Stabilitas Gaya Hidup Sehat

Menerapkan dan mencapai self worth yang positif dapat membantu menjaga diri dari dalam dengan mental yang sehat. Dampak positif lain dari self worth yang tertanam dengan baik adalah kemampuan setiap individu dalam merawat kesehatan mereka secara fisik. Seseorang akan membuat pilihan yang positif, termasuk mengatasi tantangan dalam perjalanan menuju kesejahteraan yang optimal. Salah satu bentuknya berupa keinginan untuk terus mempertahankan gaya hidup sehat.

Mulai dari membiasakan pola makan sehat, mencukupi waktu tidur setiap hari, rutin olahraga, menjauhi radikal bebas seperti rokok, dan lain sebagainya. Termasuk dengan memastikan tubuh mendapatkan haknya berupa nutrisi yang beragam dan tercukupi. Bila perlu, mereka akan mengonsumsi suplemen untuk mendukung pemenuhan nutrisi harian. Salah satu yang direkomendasikan adalah Enervon Active, multivitamin dan mineral penambah stamina dan pendukung daya tahan tubuh.

Dalam setiap tablet Enervon Active, kamu akan mendapat asupan mikronutrien berupa vitamin C (500 mg), B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), B12 (0,005 mg), kalsium pantotenat (20 mg), niacinamide (50 mg), dan mineral zinc (10 mg). Bahan non-acidic yang digunakan juga aman bagi lambung yang sensitif. Dapatkan produknya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

Courtney E. Ackerman. 2018. What is Self worth & How Do We Build it?. Diakses dari https://positivepsychology.com/self worth/ 

Featured Image - Image by wayhomestudio on Freepik