Merdeka! Tidak terasa kita memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 79. Banyak kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkan HUT RI. Mulai dari lomba antar kampung, pesta rakyat, tirakatan, pawai dan karnaval, hingga jalan sehat. Masing-masing memiliki manfaat dan makna yang besar bagi masyarakat. Salah satu kegiatan yang juga penuh makna adalah lomba 17 Agustus. Berikut ini adalah daftar ide lomba 17 Agustus yang unik serta tips sehat untuk kamu yang akan menyelenggarakan dan/atau mengikutinya.

Pentingnya Lomba 17 Agustus

Sebelum masuk ke daftar idenya, perlu dipahami bahwa berbagai macam lomba yang ada tidak hanya soal memeriahkan perayaan HUT RI lho. Meskipun makna dari setiap lomba berbeda, kesemuanya menunjukkan semangat yang sama. Pertama, semangat kebersamaan dan gotong royong. Keseruan yang ada mampu mendukung kegiatan kolaboratif, mempererat hubungan antarwarga, serta menjadi jembatan antara kaum  muda dengan kaum tua.

Kedua, lomba-lomba tersebut juga akan menjadi media pembelajaran soal perjuangan, pantang menyerah, sportivitas, hingga ketahanan mental. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga akan belajar banyak ketika mengikutinya. Selain mengenang perjuangan para pahlawan dalam mendapatkan kemerdekaan, nilai-nilai ini juga akan berperan sebagai pendidikan karakter.

Ketiga, lomba 17 Agustus yang unik menjadi ruang berekspresi bagi masyarakat dan mengasah kreativitas. Secara tidak langsung semangat ini juga menjadi bentuk tradisi dan identitas nasional yang sangat berharga. Sayang sekali jika tidak dilestarikan setiap tahunnya.

Ide Lomba 17 Agustus yang Unik dan Kreatif

Lomba Aktivitas Fisik

  1. Lomba Roda Kardus – Merangkak di dalam roda kardus sampai garis akhir.
  2. Lomba Estafet Air – Memindahkan air dari satu wadah ke wadah lain dengan gelas plastik berlubang sampai sekian liter.
  3. Lomba Memecahkan Balon – Memecahkan balon dengan pantat atau perut dua orang sebanyak mungkin dalam waktu tertentu.
  4. Lomba Balap Karung – Melompat dengan tubuh di dalam karung sampai garis akhir.

Lomba yang Mengasah Kemampuan Berpikir

  1. Lomba Estafet Misi – Menyelesaikan 3-4 misi yang berbeda oleh satu tim 3-4 orang dalam waktu tertentu seperti dalam Ninja Warrior. Misinya bisa berupa banyak hal, seperti mengenakan celana tanpa menggunakan tangan, melempar bola kertas ke tempat sampah dengan jarak tertentu, menghabiskan segelas susu, dan lain-lain.
  2. Lomba Olahraga Otak – Beberapa contoh olahraga otak yang seru adalah menyelesaikan rubik, puzzle, teka teki silang, menemukan suatu benda, dan lain sebagainya.
  3. Lomba Memindahkan Belut – Memindahkan belut hidup dari satu wadah ke dalam botol.
  4. Lomba Jaring Bola – Menjaring bola plastik kecil sebanyak mungkin dalam waktu tertentu.

Image by awksejahtera on Freepik

Lomba Kerja Sama

  1. Tarik Tambang – Agar menjadi lebih seru, kombinasikan dengan lokasi berlumpur atau tali yang telah diberi sabun.
  2. Panjat Pinang – Lumuri tiang pohon pinang dengan oli dan semarakan hadiahnya pada bagian akhir.
  3. Lomba Gendongan – Menyelesaikan suatu misi dengan bergendongan, misalnya berpakaian, memindahkan kelereng dengan sendok, dan lain-lain.
  4. Permainan Tradisional Berkelompok – Beberapa permainan tradisional yang seru adalah gobak sodor, bakiak panjang, estafet egrang, dan lain sebagainya.

Lomba Anak-Anak

  1. Lomba Makan Kerupuk – Tambahkan kecap, coklat, atau susu kental manis agar lebih seru.
  2. Lomba Mencari Koin di Tepung – Menemukan koin sebanyak mungkin di dalam wadah penuh tepung, pasir, atau beras.
  3. Lomba Gigit Koin – Mengambil koin yang tertancap dalam buah semangka atau pepaya yang sudah dilumuri pasta coklat dengan gigitan.
  4. Lomba Meniup Lilin – Meniup lilin dengan wajah yang ditutupi stocking dari jarak tertentu.

Tips Mengadakannya agar Sukses

Khusus untuk kamu yang sedang menjadi panitia pelaksana lomba, tentu tips agar acara sukses dasar sudah dipahami dan dilaksanakan. Mulai dari perencanaan yang matang, pembagian tugas yang jelas, hingga komunikasi efektif antar panitia. Berikut ini adalah beberapa tips sukses yang sering diremehkan namun penting dilakukan.

  • Uji coba setiap lomba dan pastikan keamanannya sesuai dengan usia peserta. Langkah ini untuk meminimalisasi kecelakaan selama perlombaan berlangsung. Selain lomba dan alat-alatnya, perhatikan juga keamanan lokasi dan dekorasinya.
  • Lengkapi peralatan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) untuk memudahkan akses pertolongan pertama. Meskipun hal ini bisa saja tidak digunakan karena persiapan poin pertama yang matang, tetap saja lebih baik ‘sedia payung sebelum hujan’.
  • Perhatikan cuaca dan suhu lingkungan selama perlombaan berlangsung. Hentikan sementara semua perlombaan jika terjadi hujan atau panas yang terlalu terik. Meskipun mengikuti jadwal acara itu perlu, namun mengurangi risiko peserta sakit juga penting.

Tips Sehat untuk Kamu yang akan Menjadi Peserta Lomba

Penyelenggaraan lomba 17 Agustus yang unik memang sayang jika tidak diikuti. Untuk kamu yang berminat mengikuti satu atau beberapa jenis lomba, ikuti beberapa tips sehat di bawah ini.

  • Persiapan Fisik: Meski pola hidup sehat adalah keharusan setiap hari, namun perketat kembali beberapa hari sebelum perlombaan untuk menguatkan stamina. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, hingga rutin latihan ringan. Stamina yang baik tidak hanya cara untuk menang lomba, tapi juga untuk melindungi tubuh agar ‘menang’ dari infeksi virus dan bakteri.
  • Hidrasi Tubuh dan Perlindungan Kulit: Pilih pakaian yang nyaman untuk bergerak, mudah menyerap keringat, dan meminimalisasi kulit yang terpapar sinar matahari. Sedangkan untuk kulit yang tidak terlindungi baju seperti wajah, oleskan tabir surya jika lomba diadakan pada pagi hingga sore hari. Pastikan juga kamu memenuhi asupan cairan tubuh dengan air putih agar tidak dehidrasi.
  • Pemanasan dan Pendinginan: Lakukan sekitar 10 menit sebelum lomba dan segera setelah lomba berakhir. Beberapa contohnya adalah dengan peregangan, jalan cepat, lompat kaki di tempat, dan lain sebagainya. Selain memperlancar sirkulasi darah, cara ini juga akan mengurangi risiko cedera.

Hari Ulang Tahun Republik Indonesia menjadi momen penuh makna yang sayang dilewatkan. Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar akan mendukung kamu menikmati momen ini dengan optimal, baik sebagai peserta acara maupun panitia lomba 17 Agustus yang unik. Bila perlu, dukung daya tahan tubuh dengan mengonsumsi Enervon-C Tablet. Suplemen multivitamin (vitamin C dan B kompleks) dan mineral (niacinamide dan kalsium pantotenat) ini akan membantu memastikan pemenuhan nutrisi harian. Kecukupan gizi harian akan membantu kekebalan tubuh di tengah aktivitas padat. Dukung pola makan bergizi seimbang sehari-hari dengan mengaksesnya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Image by odua on Freepik