Banyuwangi sebaiknya memang kamu masukkan dalam bucket list sebagai destinasi wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Kabupaten yang terletak di sisi paling timur Pulau Jawa ini menyimpan banyak destinasi wisata keren. Daya tarik wisata Banyuwangi membuat daerah ini semakin populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, keanekaragaman budaya, hingga kuliner yang lezat dijamin tidak akan membuatmu menyesal berkunjung ke Banyuwangi. Nah, kami akan sedikit membahas keunikan dan keunggulan wisata Banyuwangi yang memadukan keindahan alam, kekayaan budaya, dan kelezatan kulinernya.

Daya Tarik Wisata Banyuwangi: Keindahan Alam

Banyuwangi memiliki julukan unik yaitu “The Sunrise of Java” karena menjadi wilayah pertama yang terkena sinar matahari sebelum bergerak ke arah barat Pulau Jawa. Bagian barat Banyuwangi ditutupi oleh pegunungan, sedangkan sisi timurnya dikelilingi laut. Lalu di bagian Selatan dibatasi oleh hutan yang sangat terkenal yang disebut Taman Nasional Alas Purwo. Tidak heran jika wisata alam di Banyuwangi sangat beragam mulai dari hutan, pantai, air terjun, sungai, hingga pegunungan.

Kawah Ijen

Gunung Ijen adalah gunung yang masih aktif hingga kini dan menjadi daya tarik utama wisata Banyuwangi. Memiliki kawah biru yang menghasilkan fenomena Blue Fire, pengunjung hanya bisa melihatnya saat dini hari sekitar pukul 01.00-04.00 WIB. Kamu juga harus menikmati keindahan sunrise yang menakjubkan dengan latar pemandangan kawah biru pada saat pagi hari.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang dijuluki sebagai Africa Van Java karena bentang alamnya yang luas dan penuh satwa liar layaknya di Afrika. Keberadaan ekosistem savana serta bentang alamnya menjadikan ciri khas kawasan konservasi ini. Terdapat ratusan ragam flora dan fauna yang dilindungi di Taman Nasional Baluran.

De Djawatan Forest

De Djawatan terkenal karena banyaknya pohon trembesi yang berukuran besar dan berusia ratusan tahun. Wisata Banyuwangi ini menawarkan suasana alam yang nyaman, asri, dan udara yang sejuk. Banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai spot foto karena dinilai sangat unik.

Daya Tarik Wisata Budaya Banyuwangi

Berada di perbatasan pulau menjadikan Banyuwangi memiliki keanekaragaman suku, adat istiadat, dan budaya yang hidup berdampingan dengan damai. Penduduk yang multikultural ini dibentuk oleh 3 elemen masyarakat yaitu Jawa Mataraman, Madura, dan Banyuwangen atau yang lebih dikenal dengan Osing. Atraksi budaya juga menjadi salah satu destinasi yang banyak diminati oleh wisatawan. Kebudayaan khas Banyuwangi yang bisa kamu nikmati antara lain seperti:

Festival Gandrung Sewu

Jika kamu ingin menikmati festival tahunan terbesar di Banyuwangi, datanglah pada bulan September-Oktober untuk menyaksikan Festival Gandrung Sewu. Festival yang sudah menjadi ikon wisata Banyuwangi ini biasanya diadakan di Pantai Boom dengan latar belakang selat Bali. Festival ini menyajikan seni pertunjukan tarian tradisional khas Banyuwangi yakni tari Gandrung yang ditampilkan oleh ribuan penari. Sebagai seni tradisional khas Banyuwangi, tari Gandrung sendiri biasanya disuguhkan untuk menyambut musim panen, pernikahan, serta seremonial lainnya.

Tumpeng Sewu

Suku Osing memiliki ritual adat turun temurun yakni Tumpeng Sewu. Ini merupakan tradisi makan bersama dengan menggelar seribu tumpeng di pinggir jalan yang digelar seminggu sebelum Idul Adha. Tradisi turun temurun ini merupakan wujud syukur masyarakat setempat agar selalu diberi keselamatan dan dijauhkan dari bala. Untuk bisa menikmati pengalaman ini, kamu bisa berkunjung ke Desa Adat Osing Kemiren yang terletak di Glagah, Banyuwangi. Selain itu, di Desa Adat Kemiren, kamu juga bisa menyaksikan tradisi lainnya seperti Gedhogan dan Barong Ider Bumi.

Image by freepik (gambar ilustrasi)

Kuliner Lezat Khas Banyuwangi yang Harus Dicicipi

Pilihan kuliner saat berwisata di Banyuwangi pun tak kalah beragam dengan cita rasa unik. Berikut adalah beberapa makanan khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Banyuwangi.

Sego Tempong

Kuliner unik pertama yang harus dicoba yaitu Sego Tempong. Tempong dalam bahasa Osing artinya “tampar”. Hal ini mengacu pada rasa pedas yang memberikan sensasi seperti di tampar. Lauk pauknya terdiri dari beberapa jenis protein seperti ayam goreng, tahu, tempe,  serta lalapan dan sambal khas yang super pedas.

Pindang Koyong

Pindang Koyong merupakan makanan khas Banyuwangi yang menggunakan ikan tongkol atau tenggiri sebagai bahan utama. Ikan tersebut dimasak kuah bumbu kuning dengan campuran belimbing wuluh, daun jeruk, serai, jahe, serta cabe rawit untuk menambah rasa pedas.

Botok Tawon

Kuliner unik lainnya yaitu Batok Tawon yang terbuat dari sarang tawon. Proses pengolahannya membutuhkan keahlian khusus agar dapat menghasilkan cita rasa yang lezat. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan lauk pendamping seperti tahu atau tempe bacem.

Tips Sehat Berwisata di Banyuwangi

Jika kamu sudah punya bayangan tentang wisata Banyuwangi, sekarang saatnya mencermati apa saja yang harus disiapkan untuk berlibur ke sana. Satu hal yang pasti adalah agar kesehatan tubuh terjaga sebelum, selama, dan sepulang dari pergi berlibur. Jangan lupa untuk membuat itinerari dan budgeting agar perjalanan semakin mudah dan nyaman. Kamu juga bisa menyimak beberapa tips sehat khusus untuk menjelajahi tempat wisata Banyuwangi berikut ini.

1. Kenakan Pakaian Hangat dan Masker

Saat berencana ke Kawah Ijen, pastikan kamu membawa baju hangat karena udara di puncak Ijen bisa mencapai 5 derajat celcius. Gunakan masker untuk menghindari debu, asap, dan aroma menyengat dari belerang.

2. Bawa Obat-obatan Pribadi

Ke mana pun kamu akan berlibur, pastikan untuk selalu membawa obat-obatan pribadi. Terutama jika kamu memiliki riwayat sakit yang membutuhkan resep dokter. Ada baiknya untuk menyiapkan obat-obatan umum seperti obat flu, anti nyeri, obat masuk angin, minyak aromaterapi, obat maag, dan lain sebagainya.

3. Jaga Pola Makan Sehat

Kamu juga mungkin akan mencoba berbagai kuliner yang menarik dan unik. Meskipun begitu, pastikan untuk berhati-hati dalam memilih makanan dan jangan lupa banyak minum air putih. Dehidrasi dan makan sembarangan bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan, bahkan hingga pulang ke rumah.

Saat berlibur, tubuh akan beraktivitas dan membutuhkan energi yang lebih banyak dari biasanya. Bila perlu, kamu bisa menambah asupan vitamin untuk menjaga tubuh tetap prima saat berlibur melalui konsumsi suplemen. Salah satu rekomendasi suplemen yang mudah dibawa selama traveling adalah Enervon-C Effervescent. Selain kemudahan kemasan, kandungan setiap tabletnya juga telah dilengkapi dengan multivitamin seperti vitamin C, vitamin B kompleks, niacinamide, dan kalsium pantotenat. Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, konsumsi satu kali per hari juga akan mendukung pemenuhan nutrisi harian. Dapatkan produknya dalam berbagai kemasan melalui toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Image by jcomp on Freepik (gambar ilustrasi)