Alzheimer adalah penyakit yang berhubungan dengan fungsi otak atau memori seseorang. Orang yang mengalami gangguan kesehatan ini, biasanya akan merasakan penurunan daya ingat, mudah pikun, bahkan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Umumnya, penyakit ini dialami oleh orang lanjut usia, meski tak menutup kemungkinan juga bisa dialami oleh orang dewasa. Karena berhubungan dengan masalah ingatan, kamu bisa melatih dan mencari tahu dari sekarang bagaimana cara meningkatkan daya ingat untuk mencegah penyakit tersebut muncul. Simak informasi selengkapnya hanya di artikel ini!

Mengenal Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah jenis penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan menyebabkan gangguan pada fungsi otak, terutama memori, pikiran, dan perilaku seseorang. Gejalanya berkembang secara bertahap, dimulai dari kesulitan mengingat informasi baru, kebingungan, hingga kesulitan dalam berbicara dan melakukan tugas sehari-hari.

Penyebab pastinya belum sepenuhnya dipahami, tetapi kerusakan pada sel saraf otak dan penumpukan plak beta-amyloid serta simpul saraf tadi merupakan ciri khas penyakit tersebut. Saat ini, belum ada obat yang bisa menyembuhkan Alzheimer, meskipun terapi dan perawatan bisa membantu mengelola gejala dan memperlambat perkembangannya.

Alzheimer tidak hanya dialami oleh lansia, meskipun lebih umum terjadi pada orang usia lanjut. Jadi, sementara Alzheimer lebih umum diderita oleh lansia, tapi tidak menutup kemungkinan bagi orang-orang di bawah usia 65 tahun juga dapat mengalami Alzheimer, meskipun terhitung jarang.

Perlu kamu tahu bahwa penyakit ini terdiri dari 2 jenis yaitu Alzheimer familial yang diwariskan secara genetik dan Alzheimer sporadik yang tidak memiliki pola keturunan yang jelas. Pada Alzheimer sporadik, usia adalah faktor risiko utama, tetapi faktor genetik, gaya hidup, dan faktor lingkungan juga berperan menjadi pemicunya.

 

 

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Sumber: freepik

 

Karena berhubungan dengan daya ingat seseorang terutama kaum lansia, kamu perlu memikirkan bagaimana cara meningkatkan daya ingat secara tepat. Ikuti langkah-langkahnya berikut!

1. Olahraga Teratur

Aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan memperbaiki fungsi kognitif.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Diet yang seimbang dengan banyak buah-buahan, sayuran, ikan berlemak, dan kacang-kacangan dapat mendukung kesehatan otak.

3. Berinteraksi Sosial

Berbicara dan berinteraksi dengan orang lain dapat merangsang otak dan mempertahankan kemampuan kognitif.

4. Bermain Puzzle atau Teka-Teki

Aktivitas yang merangsang otak seperti teka-teki silang, sudoku, atau permainan papan dapat membantu mempertahankan daya ingat.

5. Istirahat Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk mendukung kesehatan otak dan kognitif.

6. Menerapkan Teknik Memori

Misalnya, menghubungkan informasi baru dengan yang sudah dikenal, membuat catatan, atau menggunakan teknik mnemonik.

7. Berhenti Merokok dan Menghindari Alkohol Berlebihan

Kedua kebiasaan ini dapat merusak otak dan memengaruhi daya ingat.

8. Mengelola Stres

Stres kronis dapat memengaruhi fungsi otak, jadi penting untuk mengelola stres dengan teknik seperti meditasi atau yoga.

9. Berlatih Keterampilan Baru

Belajar sesuatu yang baru, seperti bahasa asing atau instrumen musik, dapat membantu mempertahankan daya ingat dan kemampuan kognitif.

Meningkatkan daya ingat pada lansia melibatkan kombinasi dari gaya hidup sehat, aktivitas fisik dan mental, serta dukungan sosial yang dapat membantu menjaga otak tetap aktif dan sehat.

 

 

 

Cegah Alzheimer dengan Cara Ini

Sumber: freepik

 

Nah, selain memahami bagaimana cara meningkatkan daya ingat, kamu juga bisa melakukan upaya pencegahan Alzheimer dengan cara-cara berikut.

1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Diet seimbang yang kaya akan buah-buahan, sayuran, ikan berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat mendukung kesehatan otak. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula tambahan.

2. Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu menjaga kesehatan kognitif.

3. Menjaga Berat Badan 

Obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer, jadi penting untuk menjaga berat badan yang sehat.

4. Merawat Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung yang baik dapat membantu mengurangi risiko Alzheimer. Ini termasuk mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol, dan diabetes.

5. Stimulasi Otak

Melakukan aktivitas yang merangsang otak seperti membaca, belajar hal baru, memainkan permainan puzzle, atau menjalankan hobi yang menantang ingatan dapat membantu menjaga kognisi dan memperlambat penurunan fungsi otak.

6. Mengelola Stres

Stres kronis dapat memengaruhi kesehatan otak, jadi penting untuk mengelolanya dengan cara seperti meditasi, yoga, atau teknik relaksasi lainnya.

7. Sosialisasi

Berinteraksi dengan orang lain secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mental dan emosional, yang juga berdampak positif pada kesehatan otak.

 

 

Mengadopsi gaya hidup sehat dan menjaga kesehatan otak dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer seiring bertambahnya usia. Selain ketujuh cara di atas, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon Gold.


Konsumsi rutin Enervon Gold juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat karena di dalamnya terdapat 5 kandungan utama yang sangat dibutuhkan oleh lansia, seperti vitamin C, vitamin B Kompleks, omega 3, asam folat, dan lutein.

  • Vitamin C

Dikenal sebagai salah satu agent dan antioksidan yang bantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, dengan rutin mengonsumsi vitamin C, maka imunitas makin kuat, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  • Vitamin B Kompleks

Membantu proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang berperan penting untuk pembentukan energi, sehingga tetap aktif di usia 50+.

  • Omega 3

Kandungan Omega 3 dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, dan mengurangi risiko kehilangan memori atau kepikunan.

  • Asam Folat

Meski di usia 50+, kamu masih bisa tetap aktif karena kandungan asam folat dalam Enervon Gold dapat membantu jaga kesehatan jantung.

  • Lutein 

Kandungan lutein membuatmu tetap bisa produktif karena berperan penting untuk memelihara kesehatan mata.

Dapatkan produk Enervon Gold sekarang juga secara online dengan mengunjungi tautan Tokopedia dan Shopee berikut ini!

 

Referensi:

1. Alzheimer’s Association. What is Alzheimer’s Disease? https://www.alz.org/alzheimers-dementia/what-is-alzheimers

2. Jacquelyn Cafasso. 25 Ways to Improve Your Memory. https://www.healthline.com/health/how-to-improve-memory#22.-Meditate

3. Mayo Clinic. Memory loss: 7 tips to improve your memory. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/healthy-aging/in-depth/memory-loss/art-20046518

Featured image - freepik/shurkin_son