Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi salah satu profesi dengan banyak penggemar di Indonesia. Selain keuntungan gaji dan beberapa jenis tunjangannya setiap bulan, pensiunan PNS nantinya juga akan mendapatkan jaminan pensiun. Calon PNS atau CPNS yang berhasil lolos serangkaian seleksi akan ditempatkan pada instansi kementerian atau lembaga di pemerintahan daerah atau pusat. Sudah dibuka sejak akhir September lalu, CPNS masih dibuka dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui satu laman resmi. Mari memahami lebih detail soal cara mendaftar CPNS 2023, syarat, dan tipsnya untuk kamu.

Sebelum masuk dalam detail daftar syaratnya, CPNS tahun 2023 dibuka untuk memenuhi kebutuhan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 tahun 2023, PPPK dipekerjakan berdasarkan perjanjian kerja sehingga terdapat jangka waktu tertentu. Meskipun tidak seperti CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, PPPK tetap mendapatkan manfaat yang sama dengan PNS.

PPPK sendiri dibuka dalam dua kategori, yaitu kategori PPPK khusus dan PPPK umum. PPPK khusus diperuntukkan bagi pelamar eks tenaga kerja honorer kategori II (THK-II) dan pelamar tenaga non-ASN (Aparat Sipil Negara). Sedangkan PPPK umum dibuka untuk pelamar lain yang tidak termasuk dalam kedua kategori sebelumnya. Sekarang, saatnya kamu mengetahui syarat mendaftar CPNS 2023.

Syarat dan Ketentuan Daftar CPNS 2023

  1. Warga Negara Indonesia yang sehat jasmani dan rohani.
  2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  3. Tidak pernah dipidana dengan penjara selama 2 tahun atau lebih.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai ASN. Termasuk tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berstatus sebagai CPNS, PNS, TNI, Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas pemerintah.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik.
  7. Tidak terlibat dalam organisasi terlarang dan/atau ormas yang dicabut status badan hukumnya.
  8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang dan sejenisnya.

Dokumen Umum yang Perlu Dipersiapkan

Beberapa dokumen ini perlu kamu siapkan dalam bentuk fisik dan hasil scan file soft copy. Karena nantinya hampir semua berkas ini perlu kamu unggah dalam laman resmi BKN.

  1. Kartu Keluarga (KK) – bentuk fisik untuk swafoto dan hasil scan.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  3. Akta Kelahiran
  4. Ijazah sesuai syarat dari formasi yang akan dilamar
  5. Transkrip nilai
  6. Pas foto 4x6 formal berlatar belakang merah
  7. Serta dokumen lain yang diminta oleh panitia seleksi dari instansi yang kamu lamar. Biasanya dokumen ini perlu memiliki format khusus dan mengharuskan kamu mengunduhnya dari laman resmi instansi terkait. Beberapa contoh dokumen khusus ini adalah surat lamaran, surat pernyataan, formulir CV, dan lain-lain.

Cara Membuat Akun untuk Daftar CPNS 2023

Semua pelamar dari kedua kategori PPPK harus memiliki akun di laman resmi BKN, yaitu (https://sscasn.bkn.go.id/). Meskipun kamu sempat memiliki akun saat pembukaan pendaftaran CPNS tahun sebelumnya, kamu diminta untuk membuat akun yang baru.

  1. Buka laman resmi SSCASN di atas dan lihat pilihan “SSCASN” pada pojok kanan atas. Klik pilihan “Buat akun”.
  2. Isikan semua informasi yang diminta sesuai dengan data pada KTP. Nantinya kamu akan direkam secara otomatis dengan kamera pada gawai yang digunakan selama melakukan pendaftaran. Lalu klik “Lanjutkan”
  3. Kemudian kamu juga akan diarahkan untuk mengunggah foto KTP dengan ukuran maksimal 200Kb serta melakukan swafoto.
  4. Proses pendaftaran akun selesai saat kamu sudah bisa mencetak Kartu Informasi Akun.

Cara Daftar CPNS 2023

Setelah kamu memiliki akses, masuk kembali dengan NIK dan password yang telah didaftarkan. Nantinya kamu akan diarahkan pada bagian pengisian biodata dan formasi yang akan dipilih. Pengisian akan dibagi menjadi beberapa sesi dan di antara sesi tersebut kamu bisa mengubah informasi. Beberapa sesi yang akan kamu lalui adalah data diri secara lengkap, riwayat pendidikan, formasi dan lokasi yang diinginkan, lokasi tes kompetensi, serta sesi pengunggahan dokumen yang disyaratkan.

Saat mengunggah berkas-berkas yang telah dipersiapkan tadi, cek kembali apakah ukuran file dan formatnya sudah sesuai dengan yang diminta. Kamu bisa keluar dari sesi tersebut jika kamu perlu memperbaiki suatu file dan/atau ingin melanjutkannya besok. Setiap sesi akan memiliki pilihan “Selanjutnya” untuk menyimpan otomatis secara sementara. Sehingga kamu tidak perlu mengulanginya dari awal setiap kali membuka akun.

Pada sesi terakhir yaitu “Resume”, kamu diizinkan untuk mengecek kembali semua data dari awal hingga akhir. Jika kamu telah yakin semua informasi tersebut sesuai, akan ada pilihan “Akhiri Proses Pendaftaran” dan pilih “Iya”. Maka kamu telah selesai mendaftar CPNS 2023 dan bisa mencetak Kartu Pendaftaran CPNS.

Mengecek Formasi yang Tersedia

Khusus pada sesi pemilihan formasi, kamu bisa memantapkan pilihan dengan mengecek formasi yang masih tersedia pada laman yang sama. Sebelum masuk pada akunmu, gulir layar hingga menemukan kolom formasi. Beberapa kolom yang akan membantu kamu menemukan formasi pilihan adalah tingkat pendidikan, program studi, instansi, dan jenis pengadaan. Setelah mengisinya, klik pilihan “Cari” dan kamu akan mendapatkan informasi formasi dari instansi pemerintah seluruh Indonesia.

Tips Menjaga Stamina Selama Proses Pendaftaran CPNS 2023

Setelah proses pendaftaran selesai, kamu akan masuk dalam seleksi administrasi. Alur pendaftaran dan seleksi kompetensi selengkapnya bisa kamu cek melalui laman yang sama.

Untuk melewati proses yang panjang ini, stamina dan daya tubuh yang kuat sangat dibutuhkan. Selain menjaga konsentrasi selama pengisian formulir, kamu juga akan terkuras tenaganya untuk belajar dan mempersiapkan tes kompetensi. Enervon Active hadir sebagai salah satu pendukung tubuh sehat kamu. Dengan kandungan vitamin C, B kompleks, dan mineral lainnya, kebutuhan nutrisi tubuh akan terpenuhi. Pastikan kamu mendapatkan produk yang asli dengan mengaksesnya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.